Seorang Ibu Rumah Tangga Koleksi Ratusan Boneka Mirip Bayi Dan Balita

42

Seorang ibu rumah tangga di Kota Cimahi, mengoleksi ratusan boneka lucu nan menggemaskan mirip bayi dan balita. Tidak tanggung-tanggung, koleksi bonekanya pun berasal dari berbagai negara, dengan harga mulai dari  tiga juta hingga 10 juta rupiah.

Inilah sebagian dari ratusan boneka lucu nan menggemaskan yang dikoleksi oleh Sandra Susan, seorang ibu rumah tangga asal Kota Cimahi. Ratusan boneka yang menyerupai bayi dan balita tersebut, ia pajang di ruang tengah rumahnya. Berawal dari kecintaannya terhadap boneka sejak kecil, akhirnya Sandra mulai serius mengumpulkan boneka-boneka tersebut dari tahun 2000. Koleksinya pun bukan sembarang boneka, selain berasal dari berbagai negara, bahkan memiliki sertifikat layaknya akte kelahiran manusia pada umumnya.

Seperti boneka bayi bernama “Cloe”, yang dilahirkan kembali pada 28 April 2015 di Hewett, Australia, dengan berat 2,3 kilogram. Boneka-boneka koleksiannya tersebut, terbuat dari berbagai bahan, ada yang terbuat dari campuran vinyl dan silicone atau terbuat dari plastik, karet dan porselen sehingga butuh perawatan khusus untuk setiap bonekanya. Harga persatunya pun cukup fantastis dan bervariasi mulai dari kisaran 3 juta hingga 10 juta rupiah.

Untuk mempercantik koleksinya, Sandra bahkan membuat sendiri beragam rumah-rumahan boneka yang disesuaikan dengan karakternya masing-masing boneka. Selain sebagai kolektor, Sandra juga sebagai perancang untuk jenis boneka fashion berbahan plastik. Untuk jenis boneka tersebut, ia sengaja pesan dari Cina yang bisa dirancang sesuai selera.

Kini, selain sebagai kolektor, Sandra juga menjual berbagai boneka hasil rancangannya. Untuk satu boneka utuh jenis tersebut, ia jual dari mulai harga 2,5 juta hingga 5 juta, sudah termasuk jasa ukir dan make up atau modifikasi. Sejauh ini, 160 boneka hasil rancangannya telah terjual kepada para pecinta boneka.

Algi Muhammad Gifari, Bandung TV.