Musim Penghujan, Warga Dihimbau Waspada Serangan Berbagai Penyakit

5

Memasuki musim penghujan, Pemerintah Kabupaten Bandung mengimbau warga, untuk tetap waspada terhadap potensi bencana dan penyakit saat musim penghujan. Menurut surat edaran badan meteorologi klimatologi dan geofisika, terdapat beberapa peristiwa gangguan cuaca atau iklim, dengan skala global berupa la nina lemah dari desember 2019 hingga maret 2020.

Memasuki musim penghujan terjadi sejak bulan desember dan peningkatan curah hujan kembali di bulan januari hingga maret 2020, Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung menghimbau kepada masyarakat kabupaten bandung untuk tetap waspada terhadap bencana yang sering muncul di musim hujan, guna menanggulangi potensi bencana alam, pihaknya pun telah mempersiapkan TIM gerak cepat klaster kesehatan. Klaster kesehatan tersebut berfungsi dalam menghadapi potensi bencana hidrometeorologi seperti banjir, genangan, banjir bandang, pergerakan tanah atau longsor serta angin puting beliung. TGC klaster kesehatan berfungsi dalam menyiapkan petugas kesehatan, obatobatan, vaksin, kendaraan, dan sarana prasarana pendukung lainnya, seperti alat perlindungan diri kesiap siagaan penanggulangan bencana. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung, Grace Mediana, pihaknya pun akan melakukan monitoring dan evaluasi terhadap peningkatan kasus penyakit panca roba, dan musim penghujan melalui surveilans ketat penyakit pada kunjungan pasien ke puskesmas dan rumah sakit.

Pihaknya menambahkan, akan meningkatkan kewaspadaan terhadap penyakit diare, DBD atau demam berdarah chikungunya, lepotospirosis, infeksi kulit serta penyakit saluran pernapasan melalui surveilans ketat berbasis masyarakat.

 

Rezytia Prasaja, Bandung TV.,