20 Daerah Beresiko Bencana, Emil Dorong Resilience Culture Province

8

Dua puluh dari 27 Kabupaten Kota di Jawa Barat tergolong beresiko bencana tinggi. Bahkan, empat diantaranya termasuk dalam resiko bencana tertinggi Nasional. Hal tersebut membuat Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mendorong sinergi terwujudnya JABAR sebagai provinsi berbudaya tangguh bencana atau Resilience Culture Province.

Berdasarkan data BPBD JABAR, dua puluh dari 27 Kabupaten Kota di JABAR tergolong kelas resiko bencana tinggi. Bahkan, empat diantaranya yakni Cianjur, Garut, Sukabumi, dan Tasikmalaya termasuk dalam lima besar resiko bencana tertinggi Nasional. Menyikapinya, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mendorong sinergi terwujudnya JABAR sebagai provinsi berbudaya tangguh bencana atau Resilience Culture Province. Salah satunya dengan membentuk Resilience Center atau pusat kebencanaan di daerah, sehingga bantuan ke daerah bencana lebih cepat.

Program tersebut pun bertujuan menanamkan budaya pengurangan resiko bencana serta meningkatkan ketangguhan Pemerintah Provinsi, Kabupaten Kota, hingga masyarakat dalam menghadapi bencana. Bahkan, Gubernur yang akrab disapa Emil ini pun berharap, JABAR sebagai provinsi dengan jumlah penduduk terbesar di Indonesia, bisa meniru Jepang dalam urusan tanggap bencana.

Budi Hartati, Bandung Tv.