Bus Sarat Penumpang, Alami Kecelakaan

780

Sebuah bus syarat penumpang, mengalami kecelakaan tunggal dan nyaris masuk jurang di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung. Petugas kesulitan mengevakuasi, karena sebagian besar badan bus berada di bibir jurang yang sangat curam. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun sejumlah penumpang mengalami luka berat dan ringan.

Inilah video amatir yang diambil oleh petugas Basarnas pos Bandung, yang memperlihatkan detik-detik evakuasi salah satu penumpang bus yang mengalami luka berat akibat kecelakaan tunggal dan nyaris masuk jurang,di kawasan Nagreg, Kabupaten Bandung. Saat kejadian, bus yang datang dari arah Bekasi dan hendak ke Garut ini, membawa sebanyak empat puluh tiga penumpang.

Bangkai bus, tersangkut di bibir jurang dengan kecuraman sekitar empat puluh lima derajat. Belum diketahui secara pasti penyebab kecelakaan tunggal tersebut, Namun akibat kecelakaan tersebut, satu orang penumpang mengalami luka berat, karena mengalami patah tulang, dan tujuh orang penumpang lainnya mengalami luka ringan.

Wakil Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat, AKBP Ahmad Fuady mengatakan, pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab pasti kecelakaan tunggal tersebut. Namun dugaan sementara bus tergelincir, karena saat kejadian kondisi jalanan tengah basah akibat diguyur hujan. Pihaknya juga akan melakukan uji kelayakan kendaraan setelah bangkai bus berhasil dievakuasi.

Hingga Rabu petang, upaya proses evakuasi terus dilakukan petugas. Evakuasi terkendala karena sulitnya posisi bangkai bus yang tersangkut di bibir jurang dengan tingkat kecuraman empat puluh lima derajat. Peristiwa kecelakaan tersebut, sempat menyebabkan kemacetan cukup panjang dari arah Bandung menuju Garut.

Rezytia Prasaja, Bandung Tv.,