3 Peluang Usaha Tanpa Uang Tunai

130

BISNIS BANDUNG — Perkembangan teknologi yang semakin cepat membuat perubahan gaya hidup masyarakat menjadi lebih modern, salah satunya era cashless society atau masyarakat tanpa uang tunai.

Tanpa pandang bulu, segala jenis kalangan mulai dari anak muda hingga orang tua tidak terlepas dengan benda yang bernama smartphone. Contohnya, sebagian orang saat ini tidak terlalu khawatir saat meninggalkan dompet di rumah karena sudah ada smartphone yang bisa dengan mudah melakukan pembayaran.

Ditambah lagi saat ini terdapat banyak sekali aplikasi pembayaran digital seperti GoPay, OVO, Dana, hingga ShopeePay yang membuat masyarakat terbiasa dengan metode pembayaran non tunai.

Nah, bagi pelaku usaha tentunya akan sangat rugi jka tidak menerapkan tren seperti ini untuk melakukan pemasaran. Sebab, hal tersebut bisa menjadi peluang yang besar bagi kemajuan bisnis Anda.

Namun, untuk Anda yang belum terpikir memulai bisnis seperti apa, berikut ini rekomendasi usaha yang menjanjikan dengan memanfaatkan pembayaran cashless atau non tunai:

  1. Bisnis Toko Kelontong

Selain memberikan kemudahan bagi masyarakat sekitar untuk berbelanja, membuka toko kelontong saat era transaksi non-tunai juga menjanjikan lho. Buktinya beberapa perusahaan e-commerce, seperti Tokopedia dan Bukalapak menyediakan peluang usaha berupa mitra usaha bagi pemilik bisnis toko kelontong.

Sebab, selain menyediakan berbagai kebutuhan sehari-hari, pemilik toko kelontong juga bisa menyediakan layanan pembayaran tagihan litrik, telepon, air. Bahkan, pembelian voucher listrik, pulsa telepon, paket data internet, dan lain-lain.

Untuk itu, bisnis yang  satu ini bisa jadi pilihan di era cashless, kalau perlu Anda bisa memberikan fasilitas pembayaran dengan e-money di warung Anda agar mereka yang tidak mempunyai uang tunai bisa lebih mudah untuk transaksi.

  1. Bisnis Makanan
Baca Juga :   12 Negara Pilihan Miliarder untuk Menetap, Mana Saja?

Kalau yang satu ini tentu saja sudah marak yang menggunakan pembayaran tanpa uang tunai. Bisnis kuliner menjadi usaha yang tidak ada matinya dan mendapat pelanggan tetap karena pada dasarnya manusia memiliki kebutuhan pokok untuk makan.

Namun, Anda bisa melihat peluang di luar sana selain mal masih banyak warung yang rasanya tidak diragukan namun tidak menerima pembayaran secara cashless, padahal akan untung karena mereka yang tidak membawa uang tunai bisa membeli di warung Anda.

Selanjutnya Anda juga bisa mendaftarkan usaha Anda di aplikasi jasa pesan antar seperti Grabfood dan Gofood agar penjualan semakin laris manis. Bagaimana, tertarik mencoba?

  1. Vending Machine

Pastinya Anda juga sudah sering melihat vending machine yang menjual makanan, minuman serta barang-barang kecil lainnya. Namun kebanyakan dari vending machine yang ditemukan saat ini masih menggunakan uang tunai dalam pembayarannya. Dan pembayaran seperti ini cukup merepotkan karena sering kali uang kertas tunai konsumen ditolak oleh mesin karena berbagai alasan.

Semua masalah ini bisa diatasi apabila vending machine mengadopsi sistem cashless. Kamu bisa memprogram mesin-mesin itu untuk menerima pembayaran non-tunai dengan langkah verifikasi yang singkat. Dengan demikian, konsumen bisa mendapatkan apa yang diinginkan dengan lebih mudah dan cepat. (C-003/BBS)***