3 Rumah Hampir Roboh Akibat Pondasi Tergerus Banjir

5

Diguyur hujan deras hampir selama satu minggu berturut turut , sungai cipanyirapan meluap dan menggerus pondasi rumah warga . Akibatnya tiga rumah di kawasan perumahan ibnu sina, desa mekarjaya sumedang , rusak parah . Penghuni rumah pun memilih mengungsi ke tempat yang lebih aman , sambil menunggu perbaikan dari pihak pengembang .

Beginilah kondisi bagian belakang rumah warga yang rusak , akibat tergerus aliran sungai cipanyirapan , di kawasan perumahan ibnu sina , Desa Mekarjaya , Kecamatan Sumedang Utara , Sumedang. Kerusakan terparah terjadi pada bagian belakang rumah , selain itu ada beberapa tembok dan tanah mengalami retak. Untuk sementara, warga pun mengungsi ke tempat yang lebih aman . Sebelumnya kejadian tersebut, pernah terjadi di kawasan perumahan ibnu sina , namun menurut warga, kejadian tersebut yang lebih parah . Menurut pemilik rumah , kejadian berawal setelah kawasan tersebut diguyur hujan pada minggu dinihari , dan terasanya seperti ada gempa .

Sementara itu, menurut rian mahrizal ketua perumahan ibnu sina , retakan pada sejumlah rumah terjadi akibat pondasi rumah tak mampu menahan debit air hujan yang cukup tinggi, sehingga luapan air sungai tersebut menggerus tanah di bawahnya. Ditambah air sungai pembuangan dari proyek tol cisumdawu .

Warga berharap, pihak pengembang perumahan lebih memperhatikan lagi estetika dalam pembuatan kawasan perumahan kedepannya , agar kejadian tersebut tidak terjadi lagi terus menerus .,

 

Diki Guntara , Bandung Tv .,