32 Milyar Rupiah Untuk Revitalisasi Tahap 2 Gesat, Pakuan, Dan Saparua

10

Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Jawa Barat, Iip Hidayat menyatakan, akan ada revitalisasi tahap kedua untuk Taman Gedung Sate, Pakuan, Dan Saparua. Pihaknya pun menganggarkan setidaknya 32 milyar rupiah untuk revitalisasi tahap kedua tersebut.

Kepala Biro Umum Sekretariat Daerah Jawa Barat, Iip Hidayat menyatakan, akan ada revitalisasi tahap kedua untuk Taman Gedung Sate, Pakuan, Dan Saparua. Untuk Gedung Pakuan, revitalisasi diarahkan lebih ke interior ruang rapat, sedangkan Gedung Sate memiliki lebih banyak komponen, seperti pembuatan kubah pada menara masjid, dan pembangunan lahan parkir motor. Sementara itu, revitalisasi DI Saparua diantaranya pembangunan toilet, hingga melengkapi sudut literasi. Anggaran untuk revitalisasi tahap kedua tersebut, yaitu 4 milyar rupiah untuk Pakuan, 5 milyar untuk Saparua, dan Gedung Sate 23 milyar rupiah.

Revitalisasi dilakukan untuk mengakomodasi harapan Gubernur gedung sate menjadi tujuan wisata. Iip menambahkan, mulai Februari akan paket kunjungan wisata ke tiga destinasi tersebut, seperti di halaman depan Gedung Sate wisata swafoto, penampilan kesenian 27 Kabupaten Kota, hingga wisata historis ke dalam Gedung Sate. Sedangkan di Saparua akan ada 4 destinasi yaitu kuliner, literasi, tempat olahraga, dan panggung komunitas, dan di Pakuan lebih ke wisata historis.

Budi Hartati, Bandung Tv.