5 Cara Sederhana Mencegah Flu

30

Berhubung sekarang sedang memasuki musim hujan, berbagai penyakitpun mulai bermunculan salah satunya adalah flu. Penyakit flu mungkin sebagian besar orang menganggap penyakit ringan, namun penyakit flu sangat mengganggu kepada pernafasan.

Berikut 5 Cara Sederhana Mencegah Flu :

  1. Cuci tangan

Garis pertahanan pertama mencegah flu adalah dengan mencuci tangan, mengapa ? karena tangan salah satu bagian tubuh yang paling sering terdapat kuman dan kotoran. Misalnya kita memegang uang, memegang barang-barang yang mungkin kotor tidak higienis lalu kita tidak sengaja memegang hidung maka kemungkinan besar kita akan terkena flu. Dengan mencuci tangan kita dapat mencegah kuman masuk kedalam tubuh kita.

  1. Tidur dengan waktu yang cukup

Pola tidur sehat dapat membantu sistem kekebalan tubuh yang kuat. Bagi kebanyakan dari kita mungkin tidur terkesan sepele. Padahal kita semua juga tahu kalau manfaat tidur sangat luar biasa. Tubuh seperti di recharge, sel-sel tubuh yang rusak pun diperbaiki, tentunya rasa cape yang di rasa sebelumnya bisa hilang. Dengan kita tidur yang cukup badan kitapun akan merasa lebih baik dan sehat. Menurut seorang psikoatri di Amerika Setikat tidur yang cukup diantaranya 6,5 sampai 7,4 jam memiliki tingkat kematian paling rendah, dibanding durasi lainnya.

  1. Redakan stres

Memang paling lebih mudah mengucapkan daripada melakukannya, tetapi para ahli mengatakan itu sangat penting untuk kesehatan kita. Stres membuat tubuh kita lebih rentan terhadap penyakit flu karena menyebabkan sel seseorang menjadi kurang sensitif terhadap kortisol (hormon stres) “kata kepala peneliti Sheldon Cohen, Ph.D., profesor psikologi di Carnegie Mellon University, Pittsburgh. kortisol adalah hormon stres yang diketahui dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Oleh karena itu, ketika mereka terkena virus, mereka lebih mudah terinfeksi flu.

  1. Konsumsi makanan sehat

Banyak sekali manfaat dari mengkonsumsi makanan sehat diantaranya :

  • Menajaga keseimbangan metabolisme tubuh.
  • Mempertahankan kestabilan berat badan.
  • Menjaga kesehatan fungsi organ
  • Memperkuat konsentrasi dan daya ingat
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Menjaga kestabilan emosi.
  • Membuat penampilan selalu kelihatan awet muda.
  1. Seraplah sinar matahari

Suhu yang lebih dingin membuat sebagian besar dari kita memilih berada di dalam ruangan, tetapi kita bisa kehilangan vitamin D yang membantu mengurangi peradangan dan membantu pertahanan alami tubuh. Kita hanya perlu terpapar sinar matahari setidaknya 5 sampai 15 menit di lengan, tangan, dan wajah dalam waktu dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan vitamin D yang cukup tanpa menggunakan tabir surya.

Bagaimana ? cukup mudahkan cara mencegahnya,  terutama di musim hujan seperti ini kita wajib menjaga kesehatan tubuh kita dari segala penyakit terutama flu & demam. Semoga bermanfaat. (Lukman)***