5 Ide Bisnis Seputar Gaya Hidup Sehat di 2020

129

ADA yang unik dalam Setahun Search Google Indonesia tahun 2019 kemarin. Kata kunci “Bagaimana cara hidup sehat” dinobatkan sebagai salah satu kata kunci dengan volume penelusuran tertinggi.

Penelusuran ini bahkan melebihi penelusuran tentang bagaimana cara membuat blog dan kanal YouTube yang selalu menjadi tren dalam 5 tahun terakhir. Hal ini berarti bahwa gaya hidup sehat sudah semakin dilirik oleh masyarakat Indonesia. Karenanya, mari sambut 2020 dengan mempersiapkan bisnis seputar hal ini.

  1. Membeli franchise fitness

Olahraga adalah pilar penting dalam mewujudkan hidup sehat. Oleh karena itu, usaha tempat fitness/gym pasti akan semakin dilirik di tahun 2020 ini. Coba saja perhatikan daerah sekitar rumah Anda. Sudah adakah tempat fitness yang aktif dan ramai dikunjungi? Jika belum, disitulah peluang Anda!

Carilah franchise fitness dengan harga yang kompetitif. Usahakan menemukan franchise yang sudah terbukti memiliki banyak cabang di kota-kota besar. Untuk urusan modal, Anda bisa patungan atau mengajukan pinjaman ke bank. Kunci bisnisnya adalah menemukan lokasi yang tepat dan eksekusi rencana yang matang.

  1. Menjadi trainer profesional

Ide bisnis lainnya yang memanfaatkan tren gaya hidup sehat adalah dengan menjadi seorang trainer. Nantinya Anda dapat bekerja di tempat fitness atau menjadi trainer personal bagi kalangan tertentu.

Anda bisa mencari sertifikasi yang cocok mulai dari hal-hal seputar peningkatan kebugaran, hingga hal-hal seputar pengaturan pola makan sesuai kaidah gizi seimbang. Sertifikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk melamar pekerjaan menjadi Nutritionist di perusahaan besar.

  1. Membuat blog tentang gaya hidup sehat

Karena volume pencariannya yang semakin tinggi, membuat blog seputar gaya hidup sehat menjadi sangat menjanjikan. Apalagi modalnya terbilang lumayan kecil dan dapat dijadikan pendapatan pasif yang mudah dijalankan.

Bisnis ini sangat cocok bagi Anda yang gemar menulis. Namun jika Anda tidak pandai menulis, Anda juga bisa menggunakan jasa penulis freelance untuk mengerjakan artikel blog ini. Pemasukan nantinya bisa Anda dapatkan dari adsense atau melalui affiliate marketing barang-barang seputar kesehatan. Kuncinya adalah jangan terlalu cepat berhenti, meskipun rekening tak kunjung terisi.

  1. Menjual produk kesehatan

Dengan menjamurnya e-commerce, siapa saja kini bisa berjualan dengan mudah. Tanpa perlu keluar rumah, transaksi bisa dilakukan dengan cepat, aman dan nyaman. Kondisi ini bisa Anda manfaatkan dengan menjual produk-produk kesehatan seperti suplemen dan alat-alat olahraga. Pemainnya belum begitu banyak dan pasarnya terus berkembang. Sangat cocok bukan?

Anda bisa membeli produknya dari luar negeri dengan memanfaatkan AliExpress, kemudian menjualnya kembali lewat e-commerce dalam negeri. Anda juga bisa berperan sebagai dropshipper dan tidak perlu menyetok produk sama sekali. Kuncinya adalah membangun jaringan dengan supplier yang tepat.

  1. Membangun bisnis konsultasi kesehatan

Ide bisnis terakhir seputar gaya hidup sehat adalah membangun bisnis konsultasi kesehatan. Bagaimana caranya orang bisa datang dan berkonsultasi seputar masalah kesehatannya, baik kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Alangkah baiknya kalau Anda memiliki relasi dokter yang mau bekerja sama dalam membangun bisnis ini. Namun jika tidak, Anda masih bisa melakukannya bersama para lulusan ilmu kesehatan/ilmu gizi.

Caranya adalah dengan membangun channel konsultasi. Bisa dengan membuka tempat khusus atau cukup menggunakan kantor virtual. Nantinya klien dapat berkomunikasi melalui telepon atau panggilan video untuk membicarakan rencana hidup yang lebih sehat. (C-003/BBS)***