66 Rekomendasi DPRD untuk Gubernur Jabar

3
66 rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban

BISNIS BANDUNG– Panitia khusus (Pansus) DPRD Jabar  memberikan 66 rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Akhir Tahun Anggaran 2020.

Seluruh  rekomendasi itu  dikaji berdasarkan data dan fakta berupa indikasi menurunnya capaian kinerja yang dialami oleh cukup banyak perangkat daerah, baik dibandingkan dengan target semula maupun dibandingkan dengan capaian tahun-tahun lalu.

“Kami meminta saudara gubernur agar menindaklanjuti seluruh rekomendasi DPRD Jabar untuk perbaikan di tahun berikutnya,” ujar Wakil Ketua Pansus I DPRD  Jabar, Yod Mintaraga, Senin (3/5) di Bandung.

Semua  capaian indikator, menurut Yod   selanjutnya dirangkum dalam sejumlah catatan strategis menunjukkan kesenjangan antara harapan dan capaian. Ia menambahkan adapun sejumlah klasifikasi permasalahan pembangunan di Jawa Barat pada tahun 2020 di antaranya masih tingginya tingkat kemiskinan, pengangguran, dan masalah sosial.

“Masih rendahnya kualitas sumber daya manusia, masih belum optimal-nya kemantapan infrastruktur, melambat-nya pertumbuhan ekonomi, meningkatnya kerusakan pencemaran lingkungan dan terakhir masih belum optimal-nya kinerja pemerintah daerah,” ungkap Yod.

Sebelumnya Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur Jawa Barat,  Ridwan Kamil Tahun 2020 diterima oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  Jabar. Berkas laporan LKPJ diserahkan Ridwan Kamil kepada Ketua DPRD dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, beberapa waktu lalu.

Sebelum mendapat rekomendasi, LKPJ Gubernur terlebih dulu dibahas oleh Pansus I. Gubenur mengatakan, Pansus I DPRD Jabar memberikan penilaian cukup memuaskan. “Penilaiannya cukup memuaskan dengan beberapa catatan yang harus diperbaiki,” ujarnya.

Dia memastikan catatan pada LKPJ 2020 akan disempurnakan pada LKPJ 2021. Menurutnya, wajah pemerintah daerah ada pada kinerja di eksekutif dan legislatif.

“LKPJ akan kita sempurnakan di 2021 karena wajah pemerintahan daerah ada di eksekutif dan legislatif juga, jadi ini kebersamaan dan kita harus saling menguatkan,” pesan  gubernur.(B-002)***