7 Aplikasi Pengusir Bosan Saat Liburan Akhir Tahun 2019

88

LIBURAN akhir tahun 2019 bisa dinikmati dengan melakukan perjalanan ke kampung halaman atau tempat wisata. Namun perjalanan yang pasti akan memakan waktu berjam-jam itu pasti sedikit membosankan walau kadang sudah diisi dengan tidur atau mampir ke tempat peristirahatan.

Berkat kemajuan teknologi, kebosanan di perjalanan saat ini sudah bisa diatasi dengan berbagai aplikasi hiburan atau gim yang bisa dengan mudah diunduh dengan gratis ke smartphone masing-masing.

Tak hanya untuk menghilangkan jemunya perjalanan atau travelling, pengguna smartphone juga wajib memiliki aplikasi yang bisa membantu sebagai penunjuk arah, kurs mata uang asing, hingga pengingat jadwal penerbangan.

Berikut beberapa aplikasi yang wajib dimiliki untuk mengatasi rasa bosan dan memudahkan perjalanan liburan jelang tahun baru 2020:

Aplikasi Musik dan Podcast Streaming

Musik adalah salah satu teman perjalanan yang paling pas untuk mengusir rasa bosan. Beberapa aplikasi musik streaming yang populer dipakai di Indonesia adalah Spotify, Joox, dan SoundCloud.

Layanan musik streaming tersebut bisa menyajikan beragam musik dengan berbagai genre atau aliran yang berasal dari berbagai negara.

Aplikasi musik streaming yang populer di Indonesia itu bisa dinikmati pengguna Android dan iOS. Pengguna juga tak perlu risau jika melintasi daerah yang memiliki kualitas sinyal atau jaringan yang kurang baik. Pasalnya layanan musik streaming bisa menawarkan fitur offline, yang sekaligus bisa menghemat kuota.

Tak hanya musik, aplikasi Spotify, Joox, dan Souncloud juga kini menyajikan podcast yang kini banyak digandrungi anak muda Indonesia.

Beberapa artis, musisi, hingga publik figur saat ini beramai-ramai membuat channel Podcast untuk merekam percakapan untuk membahas berbagai hal. Podcast juga dikenal sebagai pengganti radio masa kini, yang bisa didengar online ataupun offline.

Aplikasi Video Streaming

Menonton juga menjadi cara yang paling ampuh untuk mengusir kebosanan di perjalanan. Belakangan, situs menonton film streaming bajakan seperti IndoXXI memang menjadi sorotan dan akan diblokir oleh pemerintah pada awal 2020.

Namun, pengguna masih bisa menemukan beberapa aplikasi populer streaming video legal di Indonesia, seperti Hooq, Viu, Iflix, Netflix, dan MAXStream.

Untuk dapat menikmati layanan video dari aplikasi tersebut, pengguna cukup mengunduhnya dari AppStore atau PlayStore. Film yang tersaji juga beragam dan lengkap mulai dari Indonesia, Hollywood, Bollywood hingga Drama Korea.

Youtube

Platform video YouTube sudah menjadi aplikasi wajib yang biasanya sudah tersimpan di setiap smartphone. YouTube kini memiliki fitur offline yang memungkinkan pengguna mengunduh video yang ingin ditonton.

YouTube yang juga sudah meluncurkan fitur premium untuk menonton video tanpa iklan itu juga punya YouTube music yang memungkinkan pengguna untuk beralih antara audio dan video dengan sekali tombol.

Aplikasi Gim

Bermain game lewat smartphone atau gadget tentu bisa membunuh kebosanan di perjalanan karena bisa dimainkan sendiri atau bersama-sama di dalam mobil.

Beberapa game populer yang bisa dimainkan secara bersama-sama adalah Ludo dan Get Rich. Selain itu, ada juga game PUBG atau Call of Duty (COD). Game bertema Battel Royale bisa dimainkan secara bersama-sama.

Smule

Saat terjebak macet dan mati gaya di perjalanan, aplikasi musik Smule bisa menjadi salah satu pilihan. Aplikasi yang populer di Indonesia itu memungkinkan pengguna berkaraoke sendiri ataupun berduet.

Bahkan, pengguna juga bisa berduet dengan penyanyi aslinya, baik yang berasal dari Tanah Air maupun dari mancanegara.

Google Maps atau Waze

Selain jadi petunjuk jalan, Google Maps atau Waze bisa berbagi informasi penting, mulai dari letak pom bensin atau SPBU terdekat, tempat ibadah, hingga restoran terdekat.

Dua aplikasi yang populer di dunia itu, memungkinkan pengguna mengakses seluruh peta di berbagai negara.

Aplikasi Kurs Mata Uang

XE Currency merupakan salah satu aplikasi pemantauan nilai tukar mata uang yang banyak dipakai. Selain itu, aplikasi ini memiliki kalkulator nilai tukar yang dapat kamu gunakan sebelum pergi ke money changer di manapun kamu berada.

Selain XE Currency, beberapa aplikasi serupa yang populer di Indonesia adalah kurs rupiah, Exchange Rate Conversi, dan Currency Converter.

Flightradar24

Flightradar24 adalah aplikasi yang wajib dimiliki jika pengguna sering menggunakan perjalanan dengan pesawat.

Flightradar24 menghadirkan fitur pantauan penerbangan yang real-time, sehingga pengguna bisa terhindar dari ketinggalan pesawat. Flightradar24 juga bisa digunakan untuk memantau penerbangan keluarga atau sahabat sehingga memiliki perkiraan kedatangan yang tepat. (C-003/DAL)***