7 Rumah Terancam Longsor Imbas Proyek Tol

19

Sedikitnya belasan rumah yang terletak di empat dusun, Desa Sinarmulya, Kecamatan  Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, terkena imbas pengerjaan proyek Tol Cisumdawu .,

Beginilah suasana proyek pembangunan Tol Cisumdawu yang terletak persis di pinggir pemukiman penduduk. Intensitas hujan yang tinggi serta  adanya getaran dari pembangunan Tol, membuat tanah perkebunan warga seluas 1 hektar mengalami amblas sedalam 5 meter.

Selain itu , tower sutet yang berada di pinggir tol pun terancam ambruk, karena sebagian sisi tebing sudah amblas .

Salah seorang warga yang rumahnya terancam ambruk Ai Nuryati mengatakan, kejadian tersebut mulai terasa pada awal tahun baru 2020. Bahkan karena setiap hari pengerjaannya, serta curah hujan yang cukup tinggi, mengakibatkan  terjadinya pergeseran tanah dan amblas di wilayah tersebut. Ai bersama keluarganya, terpaksa harus mengungsi ke rumah kerabat , demi keselamatan ., ai menambahkan, walaupun sudah ada  pengecekan  dari pihak proyek, namun belum jela untuk pembayaran ganti rugi pembebasannya .

Sementara itu, menurut kasi kedaruratan dan logistik , BPBD Yedi mengatakan , pergerakan tanah sudah mencapai kedalaman hingga 5 meter, dan panjang kurang lebih 100 meter .

Diki Guntara , Bandung TV .,