7 Tips Begadang ‘Aman’ Buatmu yang Terpaksa Harus Melek Lewat Tengah Malam. Biar Enak di Badan

33

BEGADANG punya segudang dampak negatif pada tubuh. Tapi ada kalanya sebagian orang terpaksa begadang karena tuntutan pekerjaan, aktivitas di kampus, atau tugas sekolah.

Badan manusia didesain untuk beraktivitas siang hari dan istirahat di malam hari. Karena hal tersebut, memangkas waktu tidur dengan begadang tentu membawa dampak buruk bagi kesehatan. Jika memang terpaksa harus begadang, simak 7 tips begadang sehat di bawah ini, yuk!

1. Sebelum begadang, curi-curi waktu untuk  tidur siang selama 15-20 menit. Tabungan waktu tidur ini akan membantu tubuhmu menyesuaikan siklus begadang

Ketika kamu tahu kapan harus begadang, lebih baik menabung tidur dulu, cukup 15-20 menit saja cukup. Saat terbangun nanti, kamu berada di tahap awal siklus tidur (belum sampai tidur nyenyak) yang bikin tubuh lebih segar untuk menyambut waktu begadang.

2. Internal tubuh manusia sangat sensitif terhadap cahaya terang. Hindari lampu yang temaram dan nyalakan lampu seterang mungkin saat begadang

Cahaya gelap akan merangsang produksi hormon melatonin yang bikin kita cepat mengantuk. Maka, nyalakan lampu seterang mungkin untuk mengelabui tubuh. Dengan cahaya terang, tubuh akan mengira belum saatnya untuk tidur.

3. Jangan minum kopi lebih dari dua gelas karena dapat menyebabkan hilang fokus

Konon kopi dapat membantu kedua mata tetap melek. Namun, jika kopi diminum lebih dari dua gelas, bukannya meningkatkan konsentrasi, kopi justru bikin kamu kehilangan fokus. Trik untuk masalah ini adalah minumlah kopi siang hari sebelum begadang.

4. Hindari mengonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi, lebih baik menggantinya dengan camilan berprotein tinggi

Kamu memang butuh asupan makanan agar tetap bertenaga saat begadang. Hindari makan berat dan ganti dengan camilan yang mengandung tinggi protein, jangan yang banyak gula karena justru bikin kamu cepat mengantuk. Kamu bisa ngemil buah-buahan, kacang-kacangan, atau yoghurt.

5. Sering-sering bergerak saat begadang. Melakukan aktivitas kecil ini dapat mengembalikan fokus saat begadang

Sering-seringlah bergerak atau melakukan peregangan ringan saat begadang. Jika memungkinkan, lakukan sit-up, push-up atau jalan-jalan. Jalan-jalan minimal 10 menit dapat meningkatkan energi untuk dua jam selanjutnya saat bekerja.

6. Atur suhu ruangan di titik 22-23 derajat. Suhu yang terlalu panas bikin kamu cepat lelah dan akhirnya mengantuk

Suhu ruangan jadi faktor penting saat begadang. Suhu paling pas untuk terlelap tidur adalah 18-20 derajat Celcius. Agar tetap terjaga, atur suhu ruangan supaya nggak terlalu dingin dan nggak terlalu panas.

7. Jangan sekali-kali minum minuman penambah energi. Lebih baik diganti dengan banyak air putih

Minum minuman penambah energi saat begadang dapat membahayakan tubuh, sebab dini hari adalah waktunya tubuh melakukan detoksifikasi. Saat kamu minum minuman penambah energi, kerja ginjal akan lebih berat. Bisa-bisa kamu mengalami gagal ginjal lo!

Meski begitu, jangan jadikan begadang sebagai rutinitas harian. Bagaimana pun, begadang itu nggak ada baik-baiknya. (Lukman/hpw)***