Agar Bisnis Tetap Bertahan di Masa Pandemi

141
Banyak Kerumunan Berpotensi Tambah Penularan Covid-19

MERENCANAKAN bisnis saat pandemi Covid-19 sepertinya menjadi prioritas para pelaku usaha saat ini. Tak hanya gaya hidup, nyatanya pandemi virus corona Covid-19 juga berdampak pada perputaran ekonomi berbagai negara, yang membuat para pebisnis juga diharuskan untuk berusaha keras agar bisa tetap bertahan di tengah wabah yang belum ketemu titik terangnya hingga saat ini.

Bahkan, terhitung sejak awal mula pandemi berhasil masuk ke Indonesia, entah sudah berapa banyak perusahaan yang justru terpaksa gulung tikar karena gagal bertahan. Akibatnya, jumlah pengangguran pun semakin bertambah.

Oleh karena itu, agar bisnis tetap bisa bertahan, para pelaku usaha perlu memutar otak dan melakukan sejumlah strategi guna menyesuaikan dengan keadaan yang tengah terjadi.

Nah, maka dari itu di dalam kesempatan kali ini redaksi BB akan membahas tentang 5 hal yang perlu dilakukan ketika menjalani bisnis saat pandemi Covid-19. Apa sajakah itu?

Hal-hal yang Perlu Dilakukan Ketika Menjalani Bisnis Saat Pandemi Covid-19

  1. Manfaatkan Peluang dengan Merubah Fokus Bisnis

Manfaatkan Peluang dengan Merubah Fokus Bisnis – Lakukan 5 Hal Ini Agar Bisnis Tetap Bertahan di Masa Pandemi

Hal pertama yang perlu dilakukan ketika menjalani bisnis saat pandemi Covid-19 yaitu dengan memanfaatkan peluang yang ada. Jika perlu, janganlah takut untuk merubah fokus bisnis kamu dan menyesuaikannya dengan kondisi yang ada saat ini.

Terdapat beberapa bidang bisnis yang kehilangan pelanggan akibat pemberlakuan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) guna menekan penyebaran virus di kalangan masyarakat. Nah, apabila bisnis yang tengah Anda jalani termasuk ke dalam salah satu yang terkena dampak dari PSBB ini, Anda bisa mencari solusi lain agar roda perekonomian tetap berputar.

Bagaimana caranya? Yaitu dengan menyesuaikan bidang bisnis pada isu yang tengah terjadi saat ini. Sebagai contoh, apabila Anda memiliki bisnis yang bergerak di bidang makanan, maka Anda bisa menyiasatinya dengan menjual beraneka ragam makanan siap masak untuk masyarakat yang tidak ingin ke luar rumah atau menyediakan jasa pesan antar.

Atau apabila Anda memiliki bisnis yang justru bergerak di bidang fashion, Anda bisa mulai membuat produk baru masker kain yang fashionable untuk dikenakan di luar rumah.

  1. Hadirkan Promo dan Diskon

Karena selama PSBB masyarakat akan lebih menghabiskan waktu untuk berbelanja online dari rumah, Anda bisa memanfaatkan peluang satu ini untuk memberikan berbagai promo dan diskon. Dilansir dari berbagai sumber, promosi dapat dibuat dalam bentuk diskon atau menyediakan paket hemat.

Namun selain itu, promos berupa free ongkir (ongkos kirim) juga dinilai lebih efektif dalam meningkatkan angka penjualan. Tetapi, pastikan pula bahwa promo dan diskon tidak akan memberikan kerugian pada bisnis Anda. Sehingga, diperlukannya perhitungan yang matang sebelum memutuskan untuk memberikan diskon dan promo.

  1. Memaksimalkan Layanan Online

Tips lainnya yang bisa Anda lakukan ketika menjalankan bisnis saat pandemi Covid-19 adalah dengan memaksimalkan layanan online, sehingga dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang berdiam diri di rumah untuk membeli seluruh kebutuhannya.

Untuk mempermudah, Anda juga bisa mulai membuat aplikasi atau platform yang mudah diakses oleh konsumen ataupun bergabung ke berbagai e-commerce untuk memperluas lapak dagangan di dunia maya.

  1. Merubah Strategi Pemasaran

Apabila selama ini Anda terbiasa melakukan promosi dan penjualan secara konvensional di tempat keramaian, maka sudah saatnya untuk Anda beralih ke online marketing untuk memasarkan produk, seperti Google Ads, Facebook, Instagram, dan lain-lain.

Percaya atau tidak, di saat-saat seperti ini, melakukan digital marketing justru jauh lebih menguntungkan sekaligus dapat meningkatkan penjualan produk.

  1. Menjual Produk yang Dibutuhkan oleh Masyarakat

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan ketika menjalani bisnis saat pandemi Covid-19 adalah dengan turut menjual barang-barang yang sekiranya dibutuhkan oleh masyarakat, meskipun sebenarnya tidak berkaitan dengan bidang bisnis yang tengah Anda jalani.

Karena, dari sanalah Anda bisa meningkatkan angka penjualan secara signifikan. Sebagai contoh, walaupun Anda menjalani bisnis di bidang makanan cepat saji, Anda juga bisa mengeluarkan produk baru berupa masker, hand sanitizer ataupun disinfectant spray. (C-003/BBS)***