Agar Cuma Admin yang Bisa Kirim Pesan di Grup WhatsApp

129

BISNIS BANDUNG — Aplikasi WhatsApp Messenger memang tidak hanya digunakan untuk mengirim pesan secara personal, melainkan dapat membuat grup dengan kapasitas hingga 256 anggota.

Fungsi dari grup WhatsApp ini bisa menjadi ruang virtual sebagai perantara informasi, terutama bagi jenis pesan tertentu yang bersifat krusial.

Supaya terhindar dari ‘obrolan tidak penting’ antar anggotanya, WhatsApp memiliki fitur setelan dengan membatasi siapa saja yang boleh mengirim pesan melalui aplikasi tersebut.

Cara agar hanya admin yang bisa mengirim pesan di WhatsApp, khususnya untuk grup tidaklah rumit. Mengutip dari laman resmi WhatsApp, berikut panduannya.

Cara Mengubah Setelan Admin Grup

Secara default, setiap anggota grup di WhatsApp dapat mengirim pesan dan mengubah informasi grup termasuk subjek, ikon, atau deskripsi grup.

Namun, admin suatu grup, misalnya untuk grup komunitas, kelas online atau grup reseller penjualan produk, bisa melakukan setelan tertentu supaya tidak ada ‘spam chat’.

Cara agar hanya admin yang bisa mengirim pesan di WhatsApp ini nantinya cukup admin saja yang dapat mengubah setelan grup, termasuk mengedit info grup atau mengirim pesan.

Mengubah Setelan Grup untuk Mengedit Info Grup

Buka chat grup WhatsApp, lalu klik subjek grup.

Alternatif lainnya, klik dan tahan nama grup di tab”chat”, kemudian klik Opsi lainnya > Info grup.

Klik Setelan grup > Edit info grup.

Pilih untuk mengizinkan Semua peserta atau Hanya admin untuk mengedit info grup.

Klik”OK”.

Mengubah Setelan Grup untuk Mengirim Pesan

Buka chat grup WhatsApp, lalu klik subjek grup.

Alternatif lainnya, klik dan tahan nama grup di tab”Chat”, kemudian klik Opsi lainnya > Info grup.

Klik setelan grup > Kirim pesan.

Baca Juga :   Menangi Kompetisi dengan Menciptakan Inovasi

Pilih untuk mengizinkan Semua peserta atau Hanya admin yang dapat mengirim pesan.

Klik”Oke”.

Sebagai catatan, anggota grup dapat menghubungi admin secara langsung dengan klik admin di grup, lalu klik nama admin yang ingin mereka kirimi pesan.

Supaya terhindar dari kejahatan siber ketika menggunakan aplikasi WhatsApp, penggunanya bisa melakukan pelaporan apabila menemukan pesan undangan WhatsApp dari nomor tidak dikenal.

Anda dapat melaporkan kontak atau grup dari informasi profil mereka dengan menggunakan langkah berikut ini:

Buka chat.

Klik nama kontak atau grup untuk membuka informasi profil mereka.

Scroll ke bawah, lalu klik “Laporkan kontak” atau “Laporkan grup”.

Selain Cara agar hanya admin yang bisa mengirim pesan di WhatsApp, untuk mengetahui jenis bantuan lain yang tersedia di aplikasi WhatsApp, Anda dapat mempelajarinya dari laman berikuthttps://faq.whatsapp.com/. (C-003/fjr)***