Akibat GorongGorong Air Tersumbat,10 Rumah Warga Tertimbun Longsor

7

Diduga  akibat genangan air meninggi  lantaran goronggorong bawah tol  km 118 tersumbat, menyebabkan longsor tanah sejauh lebih dari tiga ratus meter, dan setinggi  satu meter lebih menggusur sejumlah rumah di perkampungan hegar manah, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung barat, selasa malam. Pada peristiwa tersebut, sepuluh  rumah tertimbun tanah dan delapan rumah mengalami rusak berat.

Peristiwa longsor  setinggi satu meter lebih, selasa malam, terjadi  di kampung hegarmanah, kecamatan padalarang, kabupaten badung barat. Akibatnya sepuluh  rumah tertimbun material lumpur, dan sedikitnya delapan rumah mengalami rusak berat. Menurut keterangan warga, dan petugas BPBD, peristiwa tersebut diduga akibat  goronggorong yang berada di jalan tol km 118 tersumbat longsoran tanah. Hujan yang terjadi terus menerus menyebabkan genangan air setinggi lima belas meter, dengan lebar menyerupai danau, tepat berada di pinggir Tol. Akibatnya, rembesan air menyebabkan tanan mengalami longsor  dan menimbun sejumalh rumah di perkampungan hegar mana.

Petugas BPBD  yang berada di lokasi, langsung melakukan pendataan terhadap warga. Kepala BPBD Kabupaten Bandung Barat, Duddy  Prabowo belum bisa memastikan penyebab terjadinya pergerakan tanah. Namun, diduga kuat lantaran goronggorong yang tersumbat.

Hingga rabu siang, petugas gabungan dari Kepolisian, TNI, dan BPBD, mengevakuasi warga dan membangun tenda darurat. hal tersebut, lantaran kondisi pergerakan tanah masih siaga satu.

 

Algi Muhammad Ghifari, Bandung TV.