ALUMNI PERGURUAN TINGGI SIAP KOLABORASI MAJUKAN UMKM KE TINGKAT GLOBAL

1
ALUMNI PERGURUAN TINGGI SIAP KOLABORASI MAJUKAN UMKM KE TINGKAT GLOBAL

Bupati Cirebon, Drs. H. Imron Rosyadi pada hari Minggu (2/5) menyampaikan, ada dua masalah besar yang sering dihadapi khususnya oleh para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), di sektor parekraf, yakni soal permodalan dan kurangnya pemanfaatan teknologi. Hal ini disampaikan Bupati dalam sarasehan  yang bertajuk “Meningkatkan Jejaring & Mendekatkan Produk Desa ke Pasar Global untuk Pemulihan Perekonomian Pasca Pandemi”.

Sarasehan ini bertujuan untuk  mencari solusi guna mengatasi berbagai persoalan dan memaksimalkan UMKM Kab. Cirebon di sektor Parekraf. Ikatan alumni beberapa perguruan tinggi prominen di Jawa Barat berkomitmen untuk aktif membantu pemerintah daerah Kabupaten Cirebon guna memajukan sektor Parekraf.

Menjawab tantangan dari Bupati Cirebon, Gembong Primadjaja, Ketua Umum IA ITB, menyatakan kesiapan alumni ITB untuk mendukung dan siap bila diminta untuk terlibat dalam pengembangan UMKM, pariwisata, atau ekonomi kreatif. Gembong mengatakan bahwa IA ITB telah memiliki platform digital yang dapat digunakan dalam menghubungkan potensi alumni secara daring. Ketua IKA UNPAD, Irawati juga mengatakan bahwa kolaborasi antar pihak dapat digunakan untuk membesarkan UMKM, sebagai contoh adanya tawaran dari BPJT untuk mengisi rest area jalan tol bagi pelaku UMKM. Ivan P. Sadik, Ketua IKA Unpar, juga menyatakan kesiapan pihaknya untuk dapat berperan aktif dalam pengembangan PAREKRAF di wilayah Cirebon Raya.

Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMPD, Firman Nurtafiyana mengutarakan fokus Pemerintah Provinsi Jawa Barat adalah mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat yang tinggal di desa dengan slogan, “Tinggal di Desa, Rejeki Kota, Bisnis Mendunia”. Firman mencontohkan Kepala Desa Bakung Kidul, Bambang Setiawan yang juga alumni ITB berhasil mengembangkan usaha jangkriknya hingga banyak memperoleh permintaan ekspor.

Kegiatan ini dihadiri secara langsung maupun daring oleh Ketua IKA Universitas Padjadjaran Teh Irawati Hermawan, Ketua IA ITB Gembong Primadjaja, Ketua ILUNI UI Andre Rahadian, Ketua HA IPB Fathan Kamil, dan Ketua IKA Universitas Parahyangan Ivan P. Sandik. Ikatan alumni universitas inilah yang menginisiasi diadakannya  Jabar Culture And Tourism Festival (JAFEST) 2021.

Hadir  juga dalam acara tersebut, MQ Iswara Ketua Penyelenggara Jafest 2021,  Bidang Industri dan Paristiwa Prop. Jawa Barat Hj. Lusi Lesminingwati, S.H., M.H., Kepala Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Masyarakat DPMPD, Firman Nurtafiyana,  Kusmana Hartadji Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Barat, Moch. Ferry Afrudin, S.STP Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab. Cirebon, , Kurnia Sukma Ketua Forum UMKM Kab. Cirebon, dan Putri Indonesia Jawa Barat sdri. Jean Anastasia. Dalam dialog kali ini, bertindak sebagai moderator yaitu Teh Meta dari IKA Unpad dan Kang Jalu Priambodo, Ketua IA ITB Jawa Barat.