Angkutan Kota Mogok Beroperasi

226

Puluhan sopir angkutan konvensional mensweeping angkutan umum yang tengah beroperasi di terminal Cicaheum, kota Bandung, Rabu siang. Akibatnya, puluhan sopir angkutan umum terpaksa menurunkan penumpang, dan menepikan kendaraan untuk tidak beroperasi. Aksi tersebut dilakukan sebagai bentuk protes terhadap keberadaan angkutan online.

Aksi sweeping dilakukan para sopir angkutan konvensional di terminal Cicaheum, kota Bandung, Rabu siang. Setiap angkutan umum yang tengah beroperasi, terutama angkutan kota, diberhentikan secara paksa dan penumpangnya diturunkan.

Akibat aksi sweeping tersebut, banyak penumpang yang akan beraktivitas terganggu dan terlantar. Banyak penumpang terpaksa beralih menunggu bis kota. seperti yang dirasakan seorang penumpang, yulia. aksi sweeping ini sangat merugikannya. ia pun terpaksa menunggu bis kota untuk melanjutkan perjalanan.

Aksi sweeping ini dilakukan sebagai protes dari para sopir konvensional terhadap angkutan online. Para sopir meminta pemerintah bersikap tegas terhadap angkutan online, dalam hal izin trayek hingga surat izin mengemudi untuk angkutan umum bagi sopir online. Hal tersebut agar tidak ada lagi kecemburuan sosial bagi kedua belah pihak.

Beruntung, pada aksi sweeping tersebut tidak terjadi kekerasan, setelah puluhan aparat kepolisian diterjunkan. Akibat aksi sweeping tersebut, angkutan kota di Bandung Rabu ini nyaris tidak ada yang beroperasi. Diperkirakan, penumpukan penumpang akan terjadi hingga Rabu sore.

Yuwana Kurniawan, BandungTV.