Apapun Hasil Pilkada 2020 Publik Akan Pertanyakan Keabsahannya.

10

BISNIS BANDUNG  – Tertangkapnya Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), WS  dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rabu 8 Januari 2020 , diakui Ketua KPU Arief Budiman , bahwa peristiwa tersebut dapat memengaruhi kepercayaan publik terhadap KPU.

Menurutnya, pihak KPU akan mengambil langkah untuk mengembalikan kepercayaan publik setelah penentuan status pihak yang ditangkap KPK. Total yang tertangkap OTT sampai saat ini sebanyak delapan orang .

Pengamat Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menyebut peristiwa dugaan suap terhadap komisioner KPU bernama WS akan menggerus kepercayaan publik kepada penyelenggara pemilu tersebut.

“Setidaknya akan menggerus kepercayaan masyarakat kepada KPU,” ujar Hendri, belum lama ini  menegaskan terkait kasus WS

Dia menyebut, usaha mengembalikan integritas KPU harus diutamakan oleh komisioner tersisa. Sebab bila gagal, apapun hasil Pilkada 2020  akan dipertanyakan publik terkait keabsahannya.

“Bila tidak sanggup mengembalikan integritas maka saya sarankan bagi komisioner KPU untuk mengundurkan diri saja, demi keutuhan bangsa dan negara,” ungkap Hendri.

WS ditangkap bersama tiga orang lainnya. Salah satu diantaranya diduga merupakan Caleg dari PDIP yang diduga menyuap WS terkait pergantian antar waktu anggota DPR RI. (B-003) ***