Atasi 4 Masalah, Akan Dibentuk Badan Pengelola Cekungan Bandung

11

Untuk mengatasi masalah air bersih, persampahan, transportasi, dan tata ruang, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan membentuk Badan Pengelola Kawasan Cekungan Bandung. Namun, menurut Sekretaris Daerah Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja, pihaknya masih mengkaji bentuk badan tersebut, dalam dua pertimbangan, yaitu berbentuk sekretariat bersama atau mengikuti peraturan menteri agraria dan tata ruang Republik Indonesia.

Ditemui usai rapat di ruang ciremai Gedung Sate Bandung, senin sore, Sekretaris Daerah Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja menyatakan, Pemprov Jabar akan membentuk badan pengelola kawasan cekungan bandung. Organisasi tersebut akan menangani empat area, yaitu air bersih, persampahan, transportasi, dan tata ruang. Menurut setiawan, organisasi tersebut perlu untuk mensinergikan dan mengefisiensikan penyelesaian empat area permasalahan yang dihadapi cekungan bandung. Menurutnya, Gubernur menginginkan, badan tersebut juga berfungsi sebagai eksekutor. Setiawan pun mencontohkan, sumber air yang umumnya berada di kabupaten bandung, tetapi penggunanya dari beberapa Kabupaten Kota. Selain itu, terkait sampah yang sumbernya dari beberapa Kabupaten Kota, tapi tempat pengelolaannya hanya di satu wilayah.

Setiawan menambahkan, bentuk organisasi pengelola kawasan cekungan bandung tersebut masih dipertimbangkan dalam dua opsi, yaitu menjadi sekretariat bersama, ataupun mengikuti Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia. Setiawan menegaskan, dua draft opsi tersebut akan diselesaikan dalam dua hari ini.

Budi Hartati, Bandung Tv.