Badan Geologi Minta Waspadai Pergerakan Tanah

254

Badan Geologi meminta seluruh instansi pemerintah agar siap siaga menghadapi ancaman bencana longsor di musim penghujan. Dari data Badan Geologi, selama tahun 2017 hingga Oktober ini, sudah terjadi 845 bencana longsor. 154 diantaranya terjadi di Jawa Barat.

Badan Geologi meminta seluruh instansi pemerintahan siap siaga menghadapi musibah tanah longsor, di musim penghujan. rabu siang, kepala Badan Gelogi mengumpulkan seluruh kepala BPBD dan Dinas ESDM seluruh Indonesia, untuk mengantisipasi rentannya pergerakan tanah selama musim penghujan.

Kepala Badan Geologi, Rida Mulyana mengatakan, pihaknya menyosialisasikan peta potensi kebencanaan pergerakan tanah di Indonesia, terlebih dalam menghadapi musim penghujan yang rentan bencana tanah longsor. Dari data yang didapat badan geologi, selama tahun 2017 hingga Oktober ini, telah terjadi 845 bencana longsor. 154 diantaranya terjadi di Jawa Barat, dan menelan korban jiwa 41 orang.

Dengan pengamatan peta potensi kebencanaan pergerakan tanah, kepala penanggulangan bencana di kota kabupaten seluruh Indonesia dapat mengantisipasi lebih awal daerah- daerah yang rentan bencana longsor.

Yuwana Kurniawan, BandungTV.