Bandung Jadi Destinasi Kuliner Terbaik?

74

BISNIS BANDUNG – Kota Bandung dinobatkan menempati peringkat ketujuh dengan makanan tradisional terbaik di dunia. Hasil itu menurut ulasan para ahli dari TasteAtlas pada Februari lalu.

Menyambut hal itu, Gojek melalui GoFood menggelar promo bagi UMKM kuliner tradisional di kota Bandung.

Berbagai jenis makanan khas Bandung yang ditawarkan di dalam promo termasuk Batagor Riri, Cendol Elizabeth, Seblak Ramdhan, Lotek Paranti, Cuanki dan Batagor Serayu. Promo ini digelar mulai tanggal 12 hingga 31 Maret 2021 dan memberikan potongan harga hingga 30 persen.

District Head Gojek Bandung, Cut Emyra Fadhila, mengapresiasi terhadap capaian yang didapatkan Kota Bandung. Dia juga berharap, promo yang diadakan GoFood ini akan memajukan UMKM tradisional di Kota Bandung.

“Yang jadi fokus adalah targetnya mitra UMKM tradisional bisa terus tumbuh lewat promo kuliner tradisional,” kata Emyra dalam siaran pers.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mendukung langkah itu. Dia menilai promo yang dihadirkan GoFood akan berimbas positif pada perkembangan UMKM digital di wilayah yang dipimpin olehnya itu.

“Kami apresiasi atas upaya Gojek mewadahi para pelaku UMKM kuliner tradisional Bandung dalam sebuah platform digital. Semoga upaya ini dapat turut melestarikan kearifan lokal dan menjadikan kuliner Bandung sebagai tuan rumah di kotanya bahkan di Indonesia,” kata Yana menuturkan.

Sebagai informasi, di Kota Bandung ada sekitar 140 ribu UMKM yang 40 persen di antaranya adalah UMKM kuliner. Dari jumlah tersebut, baru sekitar 20 persen telah mendukung transaksi digital.

Pemkot Bandung mengaku masih berupaya untuk mengembangkan ekonomi digitalnya.

“Kami berupaya dengan memberikan pelatihan bagi pelaku UMKM di Kota Bandung agar melek digital, diharapkan ke depannya akan adaptasi dengan kondisi yang arahnya ke pemahaman digital,” kata Kepada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kota Bandung, Atet Dedi Handiman.

Baca Juga :   Industri Kreatif Bisa Menjadi Solusi Pertumbuhan Ekonomi

Bentuk promo lain

Seperti diketahui, selain memberikan promo potongan harga, GoFood juga akan menampilkan promosi untuk kuliner tradisional Bandung di laman muka ketika pengguna membuka menu GoFood di Bandung agar dapat lebih terlihat dan langsung menarik perhatian.

”Selain memberikan manfaat bagi para konsumen, program ini juga diharapkan bisa meningkatkan transaksi para mitra UMKM untuk bisa tetap tumbuh dan berkembang,” pungkas Cut Emyra.

Selain menyediakan promo, Gojek juga menjamin keadaan makanan akan higienis dengan edukasi dan penerapan protokol kesehatan yang dijalankan oleh mitra nya. (C-003/BBS)***