Bangkitkan Literasi Kreatif dan Kepemimpinan Indonesia

400

ACARA tahunan Lead The Fest kali ini mengambil tema literasi kepemimpinan dan menyoroti pentingnya pemimpin yang literate (cerdas dan berpengetahuan) dalam berbagai sektor dan skala organisasi dari regional, nasional hingga internasional.

Chief Executive Officer PemimpinID selaku penggagas Lead The Fest 2020, Dharmaji Suradhika, menilai potensi Indonesia yang luar biasa besar saat ini belum diimbangi dengan ketersediaan pemimpin berkualitas.

“Negara ini kekurangan banyak sekali pemimpin, dan diperlukan upaya dari berbagai stakeholder untuk bersama menciptakan pemimpin indonesia yang siap membawa negara ini menjadi negara maju pada 2045 kelak,” kata Dharmaji melalui keterangannya, Selasa (18/8/2020).

Ia menjelaskan PemimpinID adalah organisasi nonprofit yang berfokus pada pendidikan, penelitian, dan pembentukan ekosistem kepemimpinan.

Lead The Fest adalah salah satu dari upaya PemimpinID dalam berperan aktif meningkatkan awareness dan kapasitas kepemimpinan Indonesia.

Rangkaian acara yang berlangsung sejak bulan Juli ini diawali dengan penerjemahan 1.000 ringkasan buku kepemimpinan berbahasa Inggris ke dalam Bahasa Indonesia.

Kegiatan ini dilakukan oleh 1.000 relawan yang tersebar di berbagai provinsi tanpa dibayar sepeser pun.

Merangkul 300 Kontributor

Hasil terjemahan yang berbentuk materi digital akan didistribusikan kepada kontributor daerah, perpustakaan dan rumah baca di seluruh Tanah Air, serta akan diteruskan melalui gerakan sosial berkesinambungan bernama www.wikilead.com.

Kegiatan berlanjut pada Agustus dengan menyelenggarakan 22 webinar selama 7 hari nonstop, mengundang narasumber dan tokoh bangsa untuk membahas berbagai masalah literasi dan kepemimpinan.

Bekerjasama dengan 300 lebih kontributor daerah, festival ini dibuka oleh Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman yang membahas visi SDM Unggul Indonesia Maju dan terus bergulir dengan berbagai topik menarik, seperti literasi pada figur publik bersama Chelsea Islan, Aulion, dan Willy Winarko (The Rap Up Indonesia).

Lalu, kepemimpinan di sektor privat bersama Batara Sianturi dan Nanang Chalid, kepemimpinan di sektor publik bersama Kuntoro Mangkusubroto dan Yanuar Nugroho, literasi para tokoh bangsa bersama Yenny Wahid, Meutia Hatta dan Ilham Habibie, serta kepemimpinan digital bersama Randy Jusuf (CEO Google Indonesia) dan Alfatih Timur (CEO Kitabisa).

Diskusi juga menyertakan berbagai topik regional di pulau Sumatera, Jawa, Bali-Nusa Tenggara, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua dengan menghadirkan tokoh seperti Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, hingga Reza Valdo di sesi Maluku dan James Modow di sesi Papua.

Pagelaran Puncak

Pada pagelaran puncak webinar 16 Agustus 2020, Lead The Fest 2020 menghadirkan diskusi mengenai BUMN bersama Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin, Fadjrin Rasyid (Telkom Indonesia), dan Kaspar Situmorang (Vice President Bank BRI).

Sementara kepemimpinan transformasional bersama CEO Garuda Irfan Setyaputra dan CEO Paragon Technology & Innovation Salman Subakat.

Hingga ditutup oleh visi kepemimpinan tahun 2024 bersama Erry Riana (Mantan Ketua KPK) dan dua pemimpin muda Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Acara ini sendiri juga dapat disaksikan di channel Youtube Pemimpin Indonesia. (C-003/Why)***