Bangunan Sekolah Ambruk

191

Beginilah video amatir yang direkam warga, usai robohnya tiga ruang belajar SD Negeri Sela Awi, di kampung Selaawi, desa Giri Mukti, kecamatan Sindang Barang, kabupaten Cianjur. Sekolah  yang dibangun sekitar tahun 2012 oleh kontraktor rekanan Dinas Pendidikan kabupaten Cianjur tersebut, tiba-tiba roboh akibat angin kencang.

Diduga akibat kurang baiknya pengerjaan pembangunan, salah satu gedung sekolah dasar negeri selaawi di kecamatan Sindang Barang, kabupaten Cianjur, nyaris ambruk akibat diterjang angin, Selasa siang.

Padahal, bangunan tersebut baru satu tahun digunakan dengan kondisi belum selesai pengerjaan. Ruangan tersebut terpaksa ditinggalkan, karena kondisinya mengancam keselamatan siswa. Sampai saat ini, siswa harus belajar berhimpitan dengan kelas lainnya, di dalam satu ruang belajar yang dipakai untuk tiga kelas.

Para murid merasa  tidak nyaman belajar dengan kondisi kelas seperti ini. Sementara itu, ruang belajar yang ada saat ini berjumlah tiga ruangan, satu untuk kantor, dua lainnya untuk tempat belajar.

Menurut pihak sekolah, sebelum robohnya gedung, mereka yang hanya mempunyai tiga puluh tiga murid, sudah mengajukan ke dinas pendidikan kabupaten Cianjur. Namun, sampai saat ini perbaikan belum terealisasi.

Pihak sekolah berharap, Pemda Cianjur segera membangun kembali sekolah ini dengan layak, dan selektif dalam menunjuk pihak ketiga  agar tidak asal dalam membangun.

Heri Setiawan, BandungTV.