Banjir Bandang, Diduga Adanya Pengalihan Aliran Sungai Untuk Proyek KCIC

51

Banjir bandang menerjang puluhan rumah di kawasan underpass Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, selasa sore. Selain akibat hujan lebat yang mengguyur kawasan tersebut, banjir pun diduga akibat adanya pengalihan saluran sungai, untuk mega proyek kereta cepat Jakarta-Bandung hingga meluap, serta merendam jalan dan rumah warga setinggi satu meter lebih.

Inilah video amatir warga saat banjir bandang setinggi lebih dari satu meter menerjang puluhan rumah warga, dan merendam jalan di kawasan underpass Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada selasa sore. Tampak seorang pengendara sepeda motor yang nekat menerjang banjir mengalami mogok.

Banjir tersebut telah memporak porandakan rumah warga serta sempat memutus akses jalan dari arah padalarang, menuju kantor Pemerintahan Kabupaten Bandung Barat. Beruntung, banjir yang berlangsung sekitar satu jam tersebut, dapat kembali surut. Puluhan kepala keluarga yang terdampak tampak tidak bisa berbuat banyak, dengan peralatan seadanya warga coba membersihkan sisa-sisa material lumpur yang terbawa banjir.

Menurut warga, banjir terjadi sekitar pukul setengah empat hingga pukul lima sore. Selain akibat hujan deras yang mengguyur di wilayah Bandung Barat, banjir pun diduga akibat adanya pengalihan aliran sungai untuk mega proyek kereta cepat Jakarta Bandung atau KCIC di lokasi tersebut.

Sementara itu, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna, sempat mengungkap penegasannya terkait banjir tersebut, dan dirinya menganggap jika banjir tersebut dampak dari adanya mega proyek KCIC.

Warga berharap, selain adanya bantuan,warga pun meminta adanya pihak terkait yang bertanggung jawab.

Algi Muhammad Ghifari, Bandung Tv.,