Banjir Rendam 28 Rumah Warga

5

Hujan yang menguyur di wilayah Sumedang pada jumat kemarin, membuat sungai cipeles meluap dan mengakibatkan dua puluh delapan rumah warga terendam. Petugas gabungan yang datang kelokasi, langsung melakukan evakuasi sejumlah barang ke tempat yang lebih aman.

Hujan yang terjadi sejak jumat siang hingga sore, membuat areal persawahan dan pemukiman warga di Dusun Pangjelera , Desa Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara, Sumedang, Jawa Barat terendam. Banjir terjadi akibat meluapnya sungai cipeles yang melintasi di pemukiman warga. Dan sedikitnya sebanyak dua puluh delapan rumah milik warga terendam, selain itu sejumlah fasilitas umum juga ikut terendam banjir. Menurut warga yang terkena dampak banjir mengungkapkan. Banjir sendiri terjadi sejak pukul lima sore tadi , karena tidak ada tanggul penahan air di kanan dan kiri sungai .,

Sementara menurut keterangan dari Petugas BPBD Kabupaten Sumedang, pihaknya berupaya meminimalisir banjir dengan membantu warga untuk menyedot air yang masuk ke rumah warga, meskipun dengan alat seadanya.

Banjir tidak hanya terjadi di Kecamatan Sumedang Utara , akan tetapi di beberapa Kecamatan lainnya juga terjadi banjir. Seperti di kecamatan Jatinangor, Cimanggung , Pamulihan , dan Tanjungsari , yang kini masih di lakukan asesmen oleh Petugas BPBD dan di bantu Petugas gabungan TNI POLRI beserta oara relawan bencana yang ada di Sumedang.

 

Diki Guntara , Bandung Tv .,