Bank segera Laksanakan Pemblokiran ATM Lama

21
Bank segera Laksanakan Pemblokiran ATM Lama

BISNIS BANDUNG– Sejumlah bank  bakal melaksanakan pemblokiran  ATM lama berbasis magnetic stripe. Namun, masing-masing bank menerapkan batas waktu pemblokiran kartu ATM yang berbeda-beda ke nasabah.

Sebenarnya, aturan resmi dari Bank Indonesia (BI) mewajibkan pergantian kartu ATM nasabah dilakukan sebelum 31 Desember 2021. Tapi, ini merupakan batas waktu maksimal.

Karena itu kemudian setiap bank menerapkan jadwal yang berbeda-beda, ada yang lebih cepat, ada yang tetap mengikuti bank sentral nasional.

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk misalnya, memberlakukan batas waktu pergantian kartu ATM magnetic stripe ke chip paling lambat pada bulan ini untuk kartu dengan masa berlaku sampai 2021-2022. Lewat dari bulan ini atau mulai 1 April 2021, kartu ATM magnetic stripe dengan masa berlaku 2021-2022 tidak bisa lagi digunakan alias diblokir.

“Pemblokiran akan dilakukan dalam tiga tahap yaitu tahap pertama pada 1 April 2021 untuk kartu dengan expiry date 2021-2022,” ungkap Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha kepada wartawan,  Rabu (24/3).

Namun, kartu ATM magnetic stripe dengan masa berlaku sampai 2023-2025 masih bisa digunakan setelah 1 April 2021. Tapi, kartu ATM itu tetap harus segera diganti karena batas waktu pergantian dan pemblokirannya akan jatuh pada 1 Juni 2021.

Begitu juga dengan kartu ATM magnetic stripe dengan masa berlaku sampai 2026 ke atas. Kartu itu tetap perlu diganti meski batas waktu pergantian dan blokirnya baru berlaku per 1 Juli 2021.

Berbeda dengan Bank Mandiri, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memasang batas waktu pergantian dan blokir kartu ATM magnetic stripe ke chip pada 30 April 2021. Ketentuan ini berlaku untuk seluruh kartu ATM magnetic stripe yang sudah akan berakhir masa berlakunya.

Sementara PT Bank Central Asia Tbk alias BCA membatasi waktu pergantian sesuai batas maksimal dari BI, yaitu 31 Desember 2021. Namun, bank swasta nomor wahid di Indonesia itu tetap meminta nasabah segera mengganti kartu ATM-nya tanpa harus menunggu batas waktu maksimal karena lebih terjamin keamanannya.(B-002)***