Bayar Hutang, Mantan Kades Korupsi Dana Desa 300 Juta Rupiah

2

Seorang Mantan Kepala Desa di Kabupaten Cianjur, ditangkap Satreskrim Polres Cianjur, karena kasus korupsi dana desa sebesar tiga ratus juta rupiah. Pelaku ditangkap setelah polisi menemukan sejumlah barang bukti, proyek pembangunan desa yang tidak dikerjakan. Pelaku mengaku uang hasil korupsi tersebut, untuk membayar hutang piutang.

Inilah RH mantan Kepala Desa Buni Sari, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur. Saat diamankan unit Tipikor Satreskrim Polres Cianjur. Polisi menangkap RH di sebuah rumah kos setelah pelaku buron lebih  dari lima bulan. Dihadapan petugas R-H mengakui semua perbuatannya, menggelapkan dana desa sebesar tiga ratus dua puluh dua juta rupiah, pada tahun dua ribu sembilan belas lalu. Modus pelaku tercium petugas, setelah menindaklanjuti laporan warga dan didapati sejumlah proyek pembagunan desa fiktif, dan tidak diselasaikan seperti irigasi dan pengelolaan sampah.

Selain itu, menurut keterangan polisi, R-H juga me-mark up laporan pertanggung jawaban sejumlah proyek pembangunan desa, yang menggunakan anggaran desa. Dari pengakuan pelaku dihadapan petugas, uang hasil korupsi ia gunakan untuk bayar hutang setelah ia ditipu oleh seseorang dalam urusan proyek.

Kini untuk mempertanggung jawabkan perbuatnnya, pelaku dijerat dengan undang-undang korupsi, dengan ancaman hukuman penjara minimal lima tahun penjara.

 Heri Setiawan , Bandung Tv .,

Baca Juga :   Kelas Menengah Mesin Pertumbuhan Ekonomi