Belajar Di Pesantren Jadilah Santri Berkualitas Uu : Agar Tidak Jadi Ulama KW

2

BISNIS BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengingatkan kepada santri agar tidak menjadi ulama KW setelah selesai belajar di pesantren. Ulama KW sering kali menjelek-jelekan satu kelompok,  padahal ilmu agamanya tidak mendalam. Hal tersebut ditakutkan menimbulkan konflik di tengah masyarakat.

Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum , meminta agar setiap santri belajar dengan sungguh-sungguh sebelum terjun ke masyarakat. Masyarakat butuh ulama dan kiai, jangan sampai ada orang yang belum memahami agama memproklamirkan diri menjadi kiai.

“Belajarlah sungguh-sungguh di pondok pesantren supaya jadi santri dan menjadi ulama. Bukan jadi ulama KW,” tegas Wagub kepada wartawan usai melakukan safari Ramadan ke Pesantren Riyadhul Huda, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung, Kamis (15/4/2021).

Dikemukakan Wagub, saat ini kebutuhan akan ulama dan santri yang berkualitas amat dibutuhkan di tengah masyarakat. Pasalnya, fenomena di masyarakat, lanjutWagub, ada sebagian ulama yang dinilai tidak berkualitas atau ulama KW.

Dicontohkan,  ulama KW sering kali menjelek-jelekan satu kelompok padahal ilmu agamanya tidak mendalam. “ Hal tersebut ditakutkan menimbulkan konflik di tengah masyarakat,” ungkap Wagub menegaskan tentang kekhawatirannya.

“Kan tidak menutup kemungkinan, sekarang dengan tuntutan masyarakat butuh ulama dan kiai. Orang yang belum memahami agama memproklamirkan diri menjadi kiai. Akhirnya, pidatonya mencak-mencak, menjelekkan antar kelompok,” ujar Uu Ruzhanul Ulum.

Di tengah derasnya informasi saat ini, lanjut Uu, santri harus  melek teknologi. Namun, bukan berarti santri melupakan pelajaran saat di pesantren.

“Jangan sampai diam di pesantren, label santri, jadi kiai tapi tidak paham agama. Tidak bisa baca kitab, tidak bisa menerjemahkan Al-Quran, fiqih dan tasawuf,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu Wagub meminta agar masyarakat dapat saling membantu antar sesama di bulan suci Ramadan. Apalagi, di tengah masa pandemi COVID-19 saat ini, banyak warga yang butuh uluran tangan dari orang yang lebih mampu.

Baca Juga :   Musim Kemarau Berkah Buat Petani Tembakau

“Program bahwa Jabar juara lahir batin bisa sukses kalau dibantu seluruh lapisan masyarakat,” ujar Wagub menambahkan. (B-003) ***