Belajar Haji,Ratusan Siswa SMP Ikuti Manasik Haji

392

Ratusan siswa siswi smp negeri satu pacet, kabupaten cianjur, kamis pagi, menggelar praktek manasik haji di halaman sekolah. dengan berpakaian serba putih layaknya calon jemaah haji, para siswa mengikuti manasik haji ini dengan khidmat dan penuh kekhusuan .

Dengan berpakaian putih layaknya baju ihram , sebanyak tiga ratus lebih siswa siswi sekolah menengah pertama negeri satu pacet , kabupaten cianjur , kamis pagi ,mengikuti peragaan manasik haji di halaman sekolah .

Prosesi manasik haji pun dimulai , dengan sesi , tibanya di mekah merekap un mengikuti prosesi praktik ibadah haji . para siswa menuju arofah untuk melaksanakan ibadah wukuf sebagai salah satu rukun haji yang harus dikerjakan . peragaan pelaksanaan manasik haji ini , yang sudah diseting layaknya di tanah suci mekah, miniatur ka’bah diletakkan di tengah , lalu di sudut lainnya ditulis sofa dan marwah tempat pelaksanaan sa’i, sementara di pojok lain terdapat tulisan arafah, tempat para jama’ah mengerjakan ibadah wukuf .

Selanjutnya, setelah mengerjakan lempar jumroh , mereka melakukan towaf ifadah dengan cara mengelilingi ka’bah  sebanyak tujuh kali dengan jakin , selanjutnya ibadah meminum air zam-zam secara serentak dilakukan para siswa . prosesi selanjutnja ratusan siswa siswi melakukan  ibadah sa’i berlari kecil antara sofa dan marwah .

Menurut kepala sekolah smp satu pacet , kegiatan ini dilakukan untuk memberikan pemahaman terhadap anak didik tentang praktik haji yang sesungguhnya, sehingga jika suatu saat nanti mampu pergi ke tanah suci , setidaknya sekolah sudah memberikan pemahaman dasar kepada para pelajar tentang praktik ibadah haji.semoga para siswa menjadi siswa yang cerdas ,sehat dan berahklakul karimah .

Heri setiawan, bandung tv.,