Belasan Seniman Gelar Atraksi Kuda Renggong

156

Belasan seniman menggelar atraksi kuda renggong, di alun-alun kabupaten sumedang. seni bela diri pencak silat dipadukan dengan tarian yang diiringi musik gamelan, membuat pertunjukan semakin meriah. berbagai gerakan bela diri khas tanah pasundan, dipertontonkan di hadapan ratusan warga masyarakat.

Bertempat di alun-alun kabupaten sumedang, belasan seniman menggelar atraksi seni kuda renggong, yang dipadukan dengan alat musik gamelan khas jawa barat. kuda-kuda pilihan ini didandani, sehingga gagah dan elegan. dengan iringan gamelan, para seniman pencak silat melawan kuda-kuda terlatih.

Berbagai gerakan silat dipertontonkan di depan ratusan warga kabupaten sumedang. mulai dari ketangkasan tangan, kaki, sampai kelincahan kuda silat dan senimannya. bahkan, dipertontonkan pula adegan-adegan yang mampu membuat penonton menghela napas, yakni saat seniman diduduki kuda. atraksi kuda renggong ini merupakan warisan budaya yang mulai jarang ditemui. salah satu tokoh yang cinta akan budaya sunda, maruarar sirait, mencoba menggelorakan kembali seni budaya sunda asli tanah sumedang ini. bahkan, dirinya sempat ikut dalam atraksi kuda renggong.

Acara-acara yang mengangkat kebudayaan tanah pasundan ini, rencananya akan terus digelar, agar warisan leluhur tetap lestari. maruarar sirait berpesan, agar para seniman sunda tidak patah semangat, di tengah kemajuan jaman dan teknologi, sehingga tetap membudayakan budaya sebagai jati diri bangsa, yang tidak akan habis termakan jaman.

Diki guntara, bandung tv.