Berwisata Edukasi Ke Tempat Pembuangan Sampah

15

Zero waste di Kabupaten Cianjur, mengajak puluhan anak bermain sambil belajar ke tempat pembuangan sampah akhir atau TPA. Selain mengajak anak untuk peduli sampah, juga mengedukasi memilah dan memanfaatkan sampah.

 Anak-anak paling senang diajak bermain ke tempat wisata atapun wahana permaianan. Tapi lain halnya dengan puluhan anak di Kabupaten Cianjur, yang memilih bermain ke Tempat Pembuangan Sampah atau TPA. Didampingi orang tua dan petugas Dinas Lingkungan Hidup, anak-anak yang tergabung dalam komunitas zero waste Cianjur ini, berkunjung ke TPA Pasir Sembung.

Anak-anak sangat antusias, melihat langsung kondisi gunungan sampah serta alur pengolahan sampah di TPA ini. Kegiatan ini sengaja dilakukan, untuk menanamkan kepedulian anak tentang lingkungan, terutama penanganan sampah. Pasalnya, penanganan sampah yang tidak tepat, bisa berdampak buruk terhadap kebersihan lingkungan, timbulnya penyakit, hingga terjadinya bencana banjir.

Volume sampah yang terus meningkat, membuat gunungan sampah di tempat pembuangan sampah akhir terus menumpuk. Dengan kesadaran serta kepedulian masyarakat kepada sampah, diharapkan dapat mengurangi volume sampah yang dihasilkan, khususnya dari pemukiman.

Tidak hanya melihat alur pengolahan sampah, pada kesempatan ini anak-anak juga diajarkan untuk mengurangi produksi sampah plastik, yakni dengan budaya tumbler atau membawa botol minumnya sendiri. Selanjutnya, anak diajak untuk belajar mendaur ulang sampah, seperti memanfaatkan limbah diapers atau popok bayi sekali pakai, menjadi kerajinan pot.  Agar lebih menarik, pot berbahan limbah diapers ini diwarnai  anak-anak sesuai warna kesukaan mereka.

Dengan mengurangi volume sampah, diharapakan lingkungan masyarakat semakin bersih dan sehat, serta terhindar dari bencana banjir akibat penumpukan sampah tidak pada tempatnya.

Heri Setiawan , Bandung TV .,