Berwisata Ke Pegunungan PKEK Menentramkan Suasana Hati

23
Berwisata Ke Pegunungan PKEK Menentramkan Suasana Hati

BISNIS BANDUNG – .Mulai dari elang brontok, elang tikus, elang hitam, hingga elang Jawa yang sangat terkenal di Indonesia  ada di tempat ini. Satwa yang dilindungi ini menjadi penghuni Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK). Lokasi wisata edukasi ini berada kawasan Kamojang, Kecamatan Samarang Kab.Garut.
Jika  kita berwisata ke kawasan ini , pihak petugas PKEK mendampingi dan memberi pemahaman akan pentingnya menjaga elang dari kepunahan.

Selain itu, kawasan Kamojang menjadi salah satu tempat migrasi elang.
Saat ini PKEK memiliki lebih dari 85 ekor elang. Puluhan elang ini dikumpulkan berasal dari hasil sitaan petugas dan penyerahan sejumlah warga.
Namun tidak semua elang di PKEK  dapat diamati pengunjung. Hanya sekitar 15 ekor elang saja yang berada di kandang khusus sebagai objek amatan wisatawan. Sedangkan elang lainnya menempati kandang rehabilitasi dan sementara, sesuai kondisi elang.

Berdiri sejak 2015, PKEK menjadi alternatif wisatawan berlibur sambil belajar mengenal jenis burung predator ini. Untuk menuju lokasi PKEK , wisatawan bisa menempuh perjalanan  dari pusat kota Garut atau melalui Majalaya –  Ibun Kab.Bandung dengan waktu tempuh tidak sulit diprediksi . Perjalanan menuju PKEK dari Bandung – Majalaya- Ibun. Mulai dari Majalaya, para pengendara sepeda motor maupun mobil harus ekstra hati-hati karena kontur jalanan yang terjal , banyak belokan , tanjakan serta badan jalan yang sempit. Namun di akhir perjalan di wilayah Ibun , kita akan disuguhi sebuah pemandangan memukai, sebuah jembatan bercat kuning yang dibangun Pemkab Bandung. Sebaliknya dari arah Garut , pengendara harus tetap hati-hati karena jalanan sempit , berkelok dan nanjak.
Memasuk wilayah ini tidak ada biaya masuk. Memang sejak awal tujuannya  untuk edukasi,” ucap ungkap seorang petugas kepada BB belum lama ini.

Berada di kaki bukit blok Citepus Taman Wisata Alam (TWA) Kamojang Garut,  lokasi Pusat Konservasi Elang Kamojang (PKEK), memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung yang berlibur ke tempat ini sekaligus mempelajari  sang predator .

Angin sejuk khas pegunungan serta  alam yang masih asri, ditambah rimbunannya pepohon hutan Kamojang , mampu menyejukan bola mata dan suasana hati. Lokasi ini dipilih Pertamina, sebagai sponsor utama kawasan konservasi elang  sebagai upaya  dalam melestarikan elang sebagai burung ikon lambang negara Indonesia, dari ancaman kepunahan yang sudah di depan mata. ***