Calon Ketua IA ITB Gembong Primadjaja, Bantu Fasilitasi Kebutuhan Air Bersih melalui Pompa Hidram

29

750 KK Warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, kini meresa lega, pasalnya kebutuhan akan air bersih di wilayah mereka telah terpenuhi. Karena selama ini, masyarakat di sana harus bekerja kerasa mengambil air bersih untuk pemenuhan kehidupan sehari-harinya. Masyarakat harus turun ke sungai berjarak 300 meter, mendaki tebing setinggi 30 meter, untuk sampai ke bibir sungai atau sumber mata air.

Dengan Bantuan pompa hidram dari mantan sekjen IA ITB  dan calon ketua Ikatan Alumni ITB, Gembong Primadjaja, Sekarang warga Desa Mekarmukti tidak perlu lagi berjalan jauh untuk mendapatkan air. Karena air bersih telah di distribusikan oleh pompa hidram ke bak reservoir yang berada di tengah-tengah kampung.

Keberadaan pompa hidram di tengah kampung memang diharapkan dapat menjadi solusi penyediaan air bersih yang sesuai bagi daerah-daerah terpencil lainnya, khususnya daerah dengan akses listrik yang terbatas dan pendapatan warga yang kecil. Karena Pompa Hidram ini adalah teknologi yang tidak susah perawatannya dan tidak ada biaya perawatannya.

Dengan telah terbangunnya pompa Hidram maka Kegiatan syukuran dan acara peresmian pun dilakukan bersama warga Desa Mekarmukti, Sumedang, yang  dihadiri secara langsung oleh Gembong Primadjaja. Camat Buah Dua, kepala Desa Mekar Mukti, Dan Direktur PT.Buatan Guna Indonesia. Kegiatannya tersebut dilakukan pada hari Kamis 11 Maret 2021, dilakukan di Aula Kantor Desa Mekar Mukti dan lokasi tempat Pompa Hidram di bangun.

Terkait  bantuan pompa hidram dari proyek kemasyarakatan yang berbasis teknologi bagi warga Desa Mekarmukti, Sumedang, Gembong mengatakan, “Ada banyak masalah yang dihadapi bangsa ini. Karena itu sudah menjadi tugas kita sebagai alumni ITB untuk bersatu membantu pemerintah mencari solusi dari berbagai masalah Sehingga keberadaan kita dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, dan dengan kegiatan ini adalah salah satu buktinya.” Gembong  juga Menambahkan terpilihnya pembangunan di wilayah Desa Mekar Mukti ini juga karena dalam proses pembangunanya partisipasi masayarakatnya sangat tinggi dan mau di ajak gotong royong.

Baca Juga :   Dadang Naser: Tidak Akan Menutup Pasar Rapid Test Belum Tentu Positif Covid 19

Perlu diketahui 32 tahun yang lalu tepatnya ditahun 1987, Mas Gembong  Primadjaja dan teman-teman Kelompok  Studi Sosioteknologi  Himpunan Mahasiswa  Mesin ITB  pernah membuat dan memasang pompa hidram di Desa Cilogang  Sumedang, dan sekarang proyek tersebut dilanjutkan kembali.

Direktur PT. Buatan Guna Indonesia, Vintex Grandis selaku pihak yang ikut serta dalam merancang pembuatan pompa hidram ini  juga menyampaikan,”Pompa hidram ini adalah teknologi yang cocok untuk masyarakat selain free cost maintenance  dan gambang untuk transfer teknologi kepada masyarakat dalam pengoperasiannnya.”

Sementara Camat  Buah Dua, Tono Suhartono dan warga masyarakat desa mekar mukti Nono Supriatna  menyampaikan rasa syukurnya atas diterimanya bantuan pompa hidram di wilayah kecamatannya khususnya untuk masyarakat desa mekar mukti yang mana kebutuhan air bersih mereka dapat terpenuhi.