Cara Hilangkan Bau Rokok di Kabin Mobil

234

BISNIS BANDUNG – Kebiasaan merokok di kabin mobil bisa meninggalkan bau tidak sedap yang sulit dihilangkan, apalagi jika terlalu lama tidak dibersihkan atau sudah mengendap lama di sistem AC. Cara mengantisipasinya adalah dengan tidak merokok sama sekali, namun jika sudah terlanjur ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan bau tak sedap itu.

Cara paling mudah menurut Auto2000 yakni membuang seluruh sampah di mobil, pastikan tidak ada abu rokok yang tersisa atau puntung rokok yang tertinggal. Saat merokok biasanya kaca jendela dibuka, namun terkadang angin mengempaskan abu lalu jatuh di berbagai permukaan interior.

Abu cenderung mudah hancur lalu menjadi kotoran, jika sudah menumpuk bisa jadi sumber bau tak sedap yang menyengat.

Pemilik mobil juga diimbau rutin membersihkan interior, seperti pada sela jok, karpet, sampai plafon kabin menggunakan cairan pembersih. Selain itu pembersihan memakai penyedot debu juga bisa dilakukan.

Auto2000 juga menjelaskan untuk menghilangkan bau rokok bisa memakai penghilang bau berbahan enzim. Produk seperti ini disebut banyak dijual di pasaran, namun harganya cukup tinggi.

Tips lain menghilangkan bau rokok yakni membersihkan sirkulasi AC dengan cara memarkirkan mobil di tempat terbuka, membuka semua pintu, lalu nyalakan mesin dan AC. Cara ini bisa dilakukan selama beberapa menit untuk mengeluarkan sisa-sisa bau rokok.

Bahan Alami

Menghilangkan bau rokok juga bisa memanfaatkan bahan alami seperti bubuk kopi, kulit jeruk, teh celup, cuka, arang, atau baking soda. Masing-masing bahan ini punya cara penggunaan yang berbeda-beda.

Pada bubuk kopi, kulit jeruk, cuka, dan teh celup dijelaskan cukup diletakkan di kabin misalnya dalam mangkuk atau bahan penyimpan yang bisa digantung di spion tengah.

Baca Juga :   Kpid Batasi Pemutaran Lagu Berbau Pornografi

Pada baking soda dikatakan bisa ditabur di karpet, di bawah karpet, dan di bawah jok lalu didiamkan beberapa saat. Buat membersihkannya bisa memakai penyedot debu.

Sementara pada arang, dipaparkan mesti dipotong ukuran kecil kemudian diletakkan di sudut tersembunyi. Diamkan bahan ini selama beberapa hari untuk mendapatkan efek maksimal.(c-003/fea)***