Cara Pakai QR Code untuk Bagikan Profil Instagram

103
Cara Pakai QR Code untuk Bagikan Profil Instagram

INSTAGRAM meluncurkan fitur QR code atau kode QR untuk kemudahan berbagi profil dengan pengguna lain.

Berbagi profil lewat kode QR ini akan menggantikan Name Tag. Name Tag saat ini digunakan untuk memudahkan berbagi profil dengan pengguna Instagram lain.

Namun, Name Tag tak bisa dipindai oleh sembarang aplikasi. Kode itu hanya bisa dipindai oleh aplikasi Instagram sendiri.

Maka, dengan menggunakan kode QR, profil pengguna bisa dipindai dengan aplikasi kamera apapun yang bisa mengenali barisan kode itu.

Berdasarkan laporan The Verge, fitur ini pertama kali diluncurkan di Jepang tahun lalu. Inisiatif untuk meluncurkan ide ini dilakukan agar mereka yang berbisnis lewat Instagram bisa dengna mudah membagikan profil kepada konsumen.

Mereka bisa mencetak kode QR profil Instagram mereka kepada para pelanggan. Sehingga, pelanggan tinggal memindai kode itu, tanpa harus mencari profil pedagang secara manual, seperti dilansir 9to5 Mac.

Berikut sejumlah langkah untuk menggunakan QR code ini:

  1. Buka profil di Instagram
  2. Klik setting di laman profil
  3. Klik kode QR.

Meski dilaporkan sudah dirilis secara global, namun pantauan redaksi BB, fitur ini sepertinya belum mampir ke pasar Indonesia.

Sehingga, pengguna masih akan menemukan Name Tag alih-alih Kode QR. Namun, pengguna bisa terus memantau pembaruan aplikasi ini untuk mendapatkan fitur tersebut.

Penggunaan Kode QR untuk profil ini sebelumnya sudah digunakan Facebook untuk para pengguna Whatsapp.

Selain itu, sejumlah aplikasi lain juga sudah menggunakan fitur ini seperti Twitter, Facebook, Snapchat, dan Spotify. (C-003/eks)***