Cegah Corona, Warga Yang Akan Lalui Daerah Infectious Diedukasi

7

Untuk mencegah penularan virus Novel Corona di Jawa Barat, koordinasi lintas sektor dilakukan berbagai instansi di Jabar. Salah satunya oleh Kantor Kesehatan Pelabuhan atau KKP kelas dua Bandung. Warga yang akan melalui daerah terinfeksi Corona pun diedukasi terlebih dahulu oleh tim KKP bekerjasama dengan imigrasi.

Kepala Seksi Upaya Kesehatan Dan Lintas Wilayah Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas Dua Bandung, Dokter Medi Nursasih menyatakan, untuk menghindari masuknya virus Novel Corona ke Jabar, pihaknya bekerjasama lintas sektor dengan imigrasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Kota dan Jabar, serta Rumah Sakit. salah satu upaya pencegahan tersebut diantaranya, dengan edukasi warga yang hendak melalui daerah terinfeksi. Selain itu, pihaknya pun melakukan termal cek terhadap setiap warga yang melalui bandara Husein maupun Kertajati, menyediakan ruang isolasi, hingga brankar khusus untuk membawa pasien yang diindikasi terinfeksi virus Corona.

Medi menyatakan, setiap hari, ada tujuh penerbangan dari dan ke Singapura serta Kuala Lumpur yang melalui bandara Husein dan Kertajati. Semua penumpang yang masuk melalui kedua bandara tersebut pun dipantau terlebih dahulu suhunya. Jika lebih dari 38 derajat celcius, penumpang tersebut langsung masuk ruang isolasi, dan dibawa menggunakan brankar serta ambulance khusus. setelah koordinasi terkait ketersediaan ruangan dan bed untuk perawatan, penumpang tersebut baru dibawa ke Rumah Sakit.

Budi Hartati, Bandung Tv.