Cegah Penyebaran Corona, Pn Bandung Batasi Pengunjung Sidang

3

Guna mengantisipasi penyebaran virus corona, Pengadilan Negeri Kelas Satu bandung, melakukan pemeriksaan suhu badan kepada para pengunjung maupun pegawai selama empat belas hari ke depan. Pihak Pengadilan pun membatasi pengunjung sidang, dengan menghimbau kepada mereka yang tidak berkepentingan dengan agenda sidang untuk menunggu di luar.

Dengan menggunakan thermo gun, petugas melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada para pengunjung Pengadilan Negeri Kelas Satu Bandung. Hal tersebut dilakukan dalam mengantisipasi penyebaran virus corona covid-19 yang mulai ditemukan di Kota Bandung.

Tidak hanya pengunjung, para pegawai, Hakim, serta tahanan turut diperiksa, bahkan anak kecil tak luput dari pemeriksaan petugas. Pengadilan sebagai ruang publik dan tempat berkumpulnya orang, sangat rentan terjadinya penularan. Mereka yang suhu tubuhnya diatas tiga puluh delapan derajat celcius, tidak diperkenankan untuk masuk.

Proses persidangan tetap berjalan seperti biasanya, karena pengadilan mengacu kepada kebijakan mahkamah agung yang tidak mungkin menunda sidang pidana karena berkaitan dengan penahanan terdakwa, namun untuk perdata bisa saja ditunda.

Dan salah satu antisipasinya, mereka yang tidak berkepentingan untuk tidak masuk keruang sidang, dan menunggu diluar, agar tidak adanya kumpulan orang dalam satu ruangan yang dapat terjadi penularan.

Demikian dengan pelayanan lainnya di pengadilan buka seperti biasanya, namun tetap sesuai prosedur dengan menggunakan masker serta menjaga kondisi kesehatan masing-masing. Pemeriksaan tersebut akan berlangsung hingga empat belas hari kedepan dan menunggu evaluasi selanjutnya.

 Yuwana Kurniawan , Bandung Tv .