Cegah Suhu Ponsel Agar Tak Panas

118

TERKADANG ponsel bisa memanas apabila sedang digunakan dalam waktu yang lama. Dalam pemakaian normal, ponsel mungkin menghangat dengan suhu yang wajar, tetapi bisa saja ponsel mengalami kondisi kelebihan panas atau overheating.

Penyebab ponsel panas antara lain penggunaan yang terlalu berat, kesalahan pengisian daya, dan cuaca yang panas. Berikut ini beberapa tips agar ponsel Anda tidak cepat panas, seperti dilansir dari laman Insider.

Hindari Memaparkan Ponsel ke Sinar Matahari Langsung

Jangan tinggalkan ponsel Anda di bawah sinar matahari langsung. Hal tersebut dapat membuat ponsel Anda panas dan merusak mesin.

Turunkan Kecerahan Layar

Turunkan kecerahan layar ponsel Anda, terutama ketika Anda menggunakan ponsel di luar ruang. Ketika Anda kesulitan melihat layar dengan kecerahan rendah, pasanglah layar anti-silau.

Jangan Terlalu Banyak Bermain Game

Ponsel yang cepat panas juga bisa disebabkan oleh game grafis yang terlalu berat. Istirahatkan ponsel Anda terlebih dahulu. Kemudian, pastikan game tidak berjalan di latar belakang setelah Anda selesai bermain.

Periksa Kabel Pengisian

Ketika ponsel Anda menjadi panas saat Anda mengisi dayanya, bisa jadi ada masalah dengan kabel pengisian daya. Coba tukarkan terlebih dulu dan lihat apakah itu memperbaiki masalah.

 Terkadang ponsel bisa memanas apabila sedang digunakan dalam waktu yang lama.

Isi Baterai Hanya Sampai 80%

Pertama, jika Anda harus mengisi baterai ponsel dalam semalam, simpan di permukaan yang sejuk dan rata daripada bantal atau seprai. Tetapi Anda tidak perlu mengisi daya baterai ponsel Anda hingga 100%.

Menurut Android Pit jika Anda terus-menerus melakukan pengisian penuh akan mempersingkat masa pakai baterai. Ponsel Anda cenderung mengalami panas berlebih saat terisi penuh, jadi isi dayanya saat mendekati 30% dan cabut setelah mencapai 80%.

Baca Juga :   Fouad WhatsApp, Modifikasi WhatsApp dengan Banyak Fitur Rahasia

Tutup Aplikasi yang Tidak Digunakan

Ponsel Anda akan bekerja keras ketika Anda memiliki beberapa aplikasi terbuka pada saat yang sama. Jadi biasakan menutup aplikasi yang tidak digunakan secara berkala. Terutama, tutup aplikasi grafis-berat seperti game saat Anda mengisi baterai ponsel.

Jangan Menimbun Aplikasi

Hapus fungsi dan aplikasi yang tidak Anda gunakan. Ini juga termasuk mematikan pemberitahuan push, mematikan aplikasi yang berjalan di latar belakang, dan menonaktifkan layanan lokasi dari aplikasi tertentu.

Instal Anti Virus

Ponsel yang cepat panas juga bisa disebabkan oleh virus. Ponsel Android rentan terhadap malware, jadi cobalah untuk menginstal perangkat lunak anti-virus pada ponsel Anda. (C-003/ahl)***