COKLAT KITA 2021 SIAP MENGHIBUR KEMBALI DENGAN NJP MIANG TANDANG SECARA VIRTUAL

7

Benar-benar menjadi cobaan berat bagi kita semua, karena telah setahun lebih namun wabah covid 19 ini masih juga belum usai. Bahkan budaya timur yang kental dengan silaturahmi dan kebersamaan serta gotong royong mulai terlindas dengan individualistis, karena tetap harus menjaga jarak guna mencegah penularan virus ini. Namun hal tersebut dilakukan pemerintah untuk kebaikan kita semua, dengan harapan wabah ini segera selesai.

Yoga selaku Perwakilan 6 Communication, mengungkapkan bahwa kegiatan hari ini adalah upaya mengangkat kearifan lokal di Jawa Barat dengan cara membuat vlog, nanti hasilnya dari kegiatan bounding intimate atau silaturahmi dengan sanggar-sanggar seni ini akan dibawa ke sanggar yang lama dan syuting di studio di Bandung untuk mereka tampil disana bersama bintang tamu dan narasumber untuk Ngaguar Budaya Urang di 2021 ini.

Kalau tahun kemarin, kita mendatangkan pupuhu atau kasepuhan, praktisi kasundaan dan sekarang melalui tema “Miang Tandang”  juga akan hadir beberapa bintang tamu seperti ; Manshur “Angklung”, Edi Brokoli, Ronald Surapradja dan banyak lagi lainnya, serta untuk tambahan kegiatan tahun ini juga kita sempat berkeliling ke daerah-daerah di Jawa Barat bersama Duta Motivator, itulah yang membedakan dengan tahun kemarin ujar Yoga. Secara otomatis feedback dari viewernya sendiri sangat signifikan kenaikannya, dan kebanyakan  generasi muda sekarang mau dan ingin tau informasi tentang kebudayaannya sendiri khususnya kesundaan.

Salah satu yang terdampak sangat luar biasa adalah para penggiat seni, karena wadah kreasi mereka, panggung mereka, yang berharap bisa di liat khalayak ramai saat ini masih belum kunjung datang, sehingga saat ini para seniman di tuntut untuk lebih kreatif untuk bisa di lihat kreasinya di khalayak ramai, tanpa harus mengumpulkan massa melalui program secara virtual. Seperti Coklat Kita yang Kembali menghadirkan Napak Jagat Pasundan virtual di tahun 2021 ini, setelah tahun lalu hadir dengan Pojok NJP Ngubaran “Ngaguar Budaya Urang” dan menjadi wadah apresiasi bagi penggiat seni khususnya seni tradisi, dengan menghadirkan seniman-seniman tradisi daerah untuk menunjukkan Garapan dan kreasi mereka di kegiatan virtual yang ditayangkan di youtube channel NAPAK JAGAT PASUNDAN OFFICIAL. Hal tersebut disampaikan pihak penyelenggara pada sela-sela press conference program NJP yang bertemakan “Miang Tandang” di kawasan Saung Udjo padasuka kota bandung, selasa 6 april 2021 lalu yang turut dihadiri pula oleh duta NJP Ega Robot & Mpap Gondo, serta Duta Motivator Sandrina IMB.

Baca Juga :   Perda Tentang KBU Mandul Bencana Terus Mengancam

Andri Yulandri selaku Pihak Coklat Kita Rso Bandung, mengatakan Alhamdulillah Napak Jagat Pasundan di 2021 kembali lagi ditayangkan di platform social medianya dengan tagline di 2021 ini bertema “Miang Tandang”, yang diartikan secara garis besar yaitu ; mari kita bergeser atau mari kita maju & bergerak untuk kaul atau igeulan.

Andri pun mengungkapkan, bahwa ada sedikit perbedaan antara program NJP 2020 kemarin dengan sekarang yang mengangkat kearifan-kearifan lokal dari sekitar 14 kota/kabupaten di Jawa Barat yang akan  kita tayangkan di NJP 2021 ini. Secara sekilas dengan program tahun kemarin tidak ada perbedaan yang signifikan, hanya bedanya kita sekarang lebih fokus mengangkat kearifan lokal yang intinya untuk focus ke sanggar-sangar seni atau paguron pelaksana seni-seni yang ada Jawa Barat.Selain itu  juga, pengembangan tayangan program NJP dari tahun kemarin hingga sekarang masih dengan masa pandemic jadi lebih dilakukan ke digital melalui tayangan virtual di Official Sosial Medianya.

Yoga dari 6 Communication menambahkan lagi, adapun setiap episodenya nanti di bagi menjadi 3 tayangan, dan di tayangkan di youtube channel NAPAK JAGAT PASUNDAN OFFICIAL setiap hari senin, rabu dan sabtu yang dimulai di pertengahan April ini hingga bulan September 2021 mendatang.. (E-009)***