Corona Siapa Takut

52

Semula saya agak terkejut mendengat berita penutupan Mekah dan Madinah oleh Kerjaan Saudi Arabia itu. Semau jamaah dari seluruh duinia tidak boleh masuk ke Arab Saudi. Pengumuman itu berlaku mulai tanggal 27 Febriari 2020.  Kerajaan Arab Saudi khawatir ada jamaah yang terpapar wabah corona kemudian menular kepada warga setempat.

Saya sedang berada di Masjid Harom ketika mendengar kabar itu. Tidak merasa terlalu terganggu dengan pengumuman itu karena kami sudah berada di Mekah sejak tanggal 23, artinya wajib dan rukun umroh sudah kami  jalani. Perasaan was-was tentu saja ada Kami khawatir, rombongan tidak boleh pergi dari Mekah padahal kami masih harus pergi ke Madinah. Yang paling kami khawatirkan, Masjidil Harom dan Nabawi benar-benar kosong. Tidak ada jamaah yang salat dan towaf. Hal itu akan menjadi pertanda, kiamat akan benar-benar segera terjadi.

Ternayata tidak ada masalah, semuanya serba lancar. Kami secara leluasa masih dapat melaksanakan towaf sunah, tahajud, bahkan berjiarah ke berbagai tempat bersejarah di sekitar Masjidil Harom.Masjid di Tanah Haram itu masih dipadati jamaah setelah adanya pengumuman tersebut. Para jamaah masih berdesakan ketika towaf. Jumlahnya diperkirakan melampaui jumlah jamaah haji.  Muigkin para jamaah itu sudah berada di Mekah atau Madinah sebelum tanggal 27. Kalau saja, ada salah satu jamaah yang terpapar corona, diperkirakan sudah menular ke mana-mana akibat berdesakan  di masjid atau pasar. Meskipun setiap habis salat wajib selalu dilanjutkan dengan salat jenazah, dipastikan meraka meninggal bukan akibat corona.

Perjalanan Mekah – Madina juga sangat lancar tidak ada gangguan apa-apa.  Sopir bus yang kami tuimpangi, orang Sukabumi. Sebagai saudara setanah air, ia membawa kami ke Jedah dulu, melihat museum kehiduopan tradisional Arab. Semua program berjalan seperti yang direncanakan. Sama sekasli tidak tampak rasa takut atau cemas penduduk Mekah dan Madinah terhadap nerebaknya virus coriona. Penduduk asli dan mukimin bahkan tidak ada yang menggunakan  masker.

Jadi, Corona Siapa Takut? (B-001) ***