Daftar Milyuner Dunia yang Gelontorkan Dana

16
Daftar Milyuner Dunia yang Gelontorkan Dana

Bantu Perangi Virus Corona

PARA pendiri perusahaan teknologi di dunia turut memerangi virus corona (COVID-19). Mereka memberikan bantuan untuk korban virus corona serta penelitian vaksin.

Tidak hanya itu, beberapa dari mereka juga menyumbangkan alat tes kit virus corona hingga masker untuk negara dengan jumlah kasus virus corona yang terus meningkat. Berikut daftar milyuner dunia yang mengeluarkan dana untuk turut memerangi virus corona.

  1. Jack Ma

Pendiri Alibaba Group, Jack Ma menyumbang masker, alat tes virus corona, dan pakaian pelindung ke beberapa negara di Asia Tenggara. Negara-negara tersebut yakni Indonesia, Filipina, Thailand, dan Malaysia. Jumlah masker mencapai 2 juta dan 150 ribu alat tes COVID-19.

Sumbangan disalurkan melalui Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation. Sebelumnya, Jack Ma juga telah menyumbangan satu juta masker ke Amerika Serikat (AS) dan 500 ribu alat uji virus corona (COVID-19).

  1. Jack Dorsey

CEO Twitter, Jack Dorsey menjanjikan USD1 Miliar atau sekira Rp16 Triliun sahamnya di Square Inc untuk donasi virus corona. Ia mengungkapkan bahwa langkahnya tersebut diharapkan mampu menginspirasi orang lain untuk melakukan hal serupa.

Meskipun demikian untuk melakukan transfer uang tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama. Menurut juru bicara Square Inc butuh waktu beberapa kuartal bahkan bertahun-tahun.

Sejauh ini, USD100 ribu atau Rp1,6 Miliar telah dikeluarkan untuk membantu menyalurkan makanan bagi orang-orang yang terdampak virus corona (COVID-19) melalui America’s Food Fund.

  1. Bill Gates

Pendiri Microsoft, Bill Gates dan sang istri Melinda Gates menyumbangkan donasi sebesar USD100 juta atau Rp1,36 triliun (Kurs Rp13.656/USD) untuk virus corona.

Donasi tersebut digelontorkan untuk mempercepat pengobatan virus corona. Seperti penelitian, perawatan, dan pencarian vaksin dari virus corona.

Sumbangan dari pendiri Microsoft ini merupakan bagian dari anggaran dana yang diselenggarakan oleh World Health Organization (WHO) atau Organisasi Kesehatan Dunia. WHO sendiri menargetkan angka sebesar USD675 juta atau Rp9,2 triliun dalam memerangi penyebaran penyakit itu.

  1. Mark Zuckerberg

Pendiri dan CEO Facebook, Mark Zuckerberg membantu Bill Gates dalam menemukan vaksin virus corona. Mark Zuckerberg beserta istrinya, Priscilla Chan, mendonasikan USD25 juta atau sekitar Rp400 miliar untuk mengakselerasikan pengembangan vaksin dan perawatan COVID-19 dan bekerjasama dengan Gates Foundation.

Mark Zuckerberg mengatakan, penggunaan obat yang sudah ada untuk sementara ini, merupakan cara paling efektif untuk melawan Covid-19. Tentunya, dibarengi upaya menemukan vaksin yang lebih ampuh.

  1. Jeff Bezos

Pendiri dan CEO Amazon, Jeff Bezos memberikan bantuan sekira USD100 juta atau Rp1,6 Triilun untuk memerangi virus corona. Bantuan tersebut disalurkan melalui Feeding America, organisasi nirlaba bank makanan nasional di Amerika Serikat.

Lembaga tersebut sedang mengalami kesulitan memperoleh sisa kelebihan makanan restoran selama pandemi COVID-19 karena banyak restoran di Amerika Serikat yang tutup. (C-003/ahl)***