Demo Mahasiswa Berujung Ricuh

14

Aksi unjuk rasa ratusan mahasiswa yang tergabung dalam himpunan mahasiswa islam, HMI Kota Bandung di kantor Walikota Bandung diwarnai aksi bakar ban, dan mendobrak pagarĀ  Balaikota. Pengunjukrasa yang kecewa dengan janji pemerintah, terkait kesejahteraan pelajar, berusaha memaksa masuk ke kantor balai kota, namun gagal karena dihadang aparat.

Kecewa dengan janji pemerintah terkait kesejahteraan pelajar dan mahasiswa, ratusan mahasiswa yang tergabung dalam himpunan mahasiswa islam, HMI Kota Bandung mendatangi kantor Walikota Bandung, kawasan jalan wastukencana, Kota Bandung, untuk melakukan aksi unjuk rasa, kamis sore.

Aksi unjukrasa yang awalnya berjalan tertib, menjadi memanas saat mahasiswa berusaha memaksa masuk ke dalam Balaikota. Mahasiswa pun mencoba mendobrak pagar pembatas untuk berusaha masuk, namun aksi mereka berhasil dihadang Aparat Kepolisian.

Untuk meluapkan kekesalannya, mahasiswa pun membakar ban bekas di depan gerbang balaikota, sambil berorasi.ketegangan sempat mereda setelah sejumlah Perwakilan dari Pemkot Bandung menemui pengunjukrasa.

Aksi tersebut dipicu lantaran janji pemkot bandung yang akan mensejahterakan pelajar yang belum terpenuhi. Diantaranya terkait dana alokasi RMP pendidikan dari mulai tingkat SD hingga SMA dan sederajat, serta menagih janji terkait beasiswa untuk lima ribu mahasiswa di kota bandung.

Setelah melakukan audiensi dengan Perwakilan Pemkot Bandung, pengunjukrasa pun akhirnya membubarkan diri dengan pengawalan aparat kepolosian. Namun mereka berjanji akan kembali melakukan aksi jika tuntutannya tidak ditanggapi.

Yuwana Kurniawan, Bandung Tv.