Dikerjakan Sejak 2011, Presiden Joko Widodo Geram Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu Tak Kunjung Usai

24495

BISNIS BANDUNG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) geram melihat tol Cisumdawu yang tidak kunjung usai pembangunannya. Tol yang akan jadi akses utama Bandara Kertajati Kab.Majalengka  ini sudah dikerjakan sejak tahun 2011.

Menurut Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil , masalah  yang menghambat pembangunan tol ini adalah masalah tanah.

Sofyan  menyebut, di antaranya  ada pemilik sebidang tanah di daerah Cileunyi yang menolak pembebasan lahan. Bahkan, pemiliknya  menggugat ke pengadilan.

Dikatakan Sofyan, pemerintah pusat awalnya tidak mendapatkan laporan adanya kendala dalam pembebasan lahan. Karena masalah ini diselesaikan di tingkat daerah.

“Kami nggak tahu ada gugatan itu, sampai akhirnya mau rapat kabinet kami baru tahu ada gugatan,” kata Sofyan seraya menyebutkan bahwa pemilik tanah memenangkan perkara gugatannya di pengadilan, hingga tanah tersebut tak bisa dibebaskan.  Sofyan mengaku pihaknya sudah membujuk agar pemilik tanah itu mau membebaskan tanahnya.  Tapi alhamdulillah masalah selesai, dan sudah dilaporkan oleh Dirjen Pengadaan Tanah, kita sudah bisa konsinyasi, dan  bisa diselesaikan,” ujar Sofyan.

Sofyan juga memaparkan, adanya pandemi virus Corona menjadi pemicu sengketa ini terjadi. Pasalnya, saat mau membebaskan pihaknya tidak bisa mengumpulkan permilik lahan untuk menjelaskan soal pembebasan tanah.

Sofyan mengatakan,  pihaknya menjamin pembebasan lahan untuk proyek Tol Cisumdawu selesai akhir Oktober .  Dia  memastikan bahwa dengan penyelesaian masalah lahan , proyek akan selesai sesuai target pada akhir tahun depan. (B-003) ***