Disbudpar Gerakkan Kembali Industri Kreatif dengan Konsep Baru

111

KOTA Bandung merupakan salah satu kota yang dikenal dengan warganya yang penuh kreativitas. Bahkan, Kota Bandung dijuliki sebagai kota kreatif.

Di tengah pendemi Covid-19, dan juga di tengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB), membuat kreativitas warga sempat tertahan. Namun kini, di tengah pemberlakukan PSBB Proporsional dan juga menyambut adaptasi kebiasaan baru (AKB) atau new normal, membuat industri kreatif di Kota Bandung mulai menggeliat kembali.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Tris Avianti menjelaskan, pihaknya kini akan mulai kembali melakukan beberapa pelatihan ekonomi kreatif.

“Kegiatan Ekraf InsyaAllah sudah mulai berjalan lagi. Memang kemarin-kemarin khususnya yang coworking space juga kita bekerjasama dengan Dispangtan ini sudah mulai, jadi sekarang lewat pelatihan online di kecamatan-kecamatan,” jelas Tris saat on air di Radio, Minggu (7/6/2020).

Dikatakan Tris, diharapkan di awal Juli semua kecamatan sudah aktif mengikuti pelatihan yang diadakan pihaknya dalam bentuk seminar online dengan tema-tema tertentu di masing-masing kecamatan.

Tak hanya itu, dalam waktu dekat, Disbudpar Kota Bandung pun nantinya akan menggelar konser musik dan juga pameran secara virtual atau online.

“Dan untuk kegiatan rempug jukung yang kreativitas tradisi, kita sedang mengonsep ini ada secara virtual ada konser musik tradisional, makanan tradisional dan lain sebagainya ini kita dengan adaptasi kebiasaan baru ini secara online dan nanti kita kemas secara cantik, profesional agar bisa dinikmati masyarakat secara umum,” jelasnya. (C-003/BBS)***