Disnaker Kota Bandung Imbau Pengusaha Penuhi THR 2021

4
THR 2021

BISNIS BANDUNG– Dunia usaha di Kota Bandung diminta  memenuhi hak tunjangan hari raya (THR)  bagi para pekerjanya pada Lebaran 1442/2021 ini.

” Kami mengimbau  kepada para pengusaha untuk memenuhi apa yang menjadi kewajibannya,” kata  Kepala Dinas Tenaga Kerja  (Disnaker) Kota Bandung, Arief Syaifudin di Bandung, Selasa (30/3/2021).

Pasalnya, diakui Arief  hingga saat ini masih ada sejumlah kasus perselisihan antara perusahaan dengan pekerjanya soal THR tahun lalu.

Kewajiban itu perlu dipenuhi sebelum menjadi perselisihan yang memerlukan adanya forum bipartit sehingga ia pun meminta para perusahaan mengevaluasi terlebih dahulu kondisi keuangannya.

“Apakah perusahaan itu masih sehat, atau kolaps, atau seperti apa, biasanya nanti bertemunya akan di bipartit,” katanya.

Selain itu, ia pun mengingatkan perusahaan yang telah membuat perjanjian bersama terkait perselisihan THR tahun 2020, agar dituntaskan sebelum masuk ke ranah hukum.

Pasalnya, kata dia, di masa pandemi Covid-19 ini kasus perselisihan antara perusahaan dan pekerjanya mengalami peningkatan. Menurutnya, beragam jenis sektor perusahaan pun mengalami hal tersebut.

“Tahun lalu kurang lebih ada 120 perusahaan yang kasusnya ditangani kami (bipartit), yang selesai juga banyak, kalau yang nggak selesai biasanya ke PHI (Pengadilan Hubungan Industrial),” ucapnya.(B-002)***