Doel Sumbang, Fans dan Idola Merindukan

376

Doel Sumbang, terbilang lama absen dari kancah rekaman musik pop Sunda maupun Indonesia. Penyanyi kondang asal Bandung ini , beberapa waktu lalu meluncurkan single bertajuk ”Jangan Hakimi Hatiku”.

Sungguh ini sebuah ”surprise”…! Lagu dengan melodi ”romantis” ini, bukan karya cipta Doel Sumbang , tapi karya cipta Dose Hudaya , pencipta lagu senior dari Bandung . Sepanjang perjalanan karirnya yang sudah lebih dari 30 tahun , kali pertama ini Doel Sumbang menyanyikan karya pencipta orang lain. Selama ini, paling menyanyikan lagu karya bersama. Notasinya berasal dari Doel , lirik dari orang lain.

Lagu ”Jangan Hakimi Hatiku” kental de­ngan karakter suara Doel Sumbang , ada nuansa lagu ”Arti Kehidupan”. Lagu ”Jangan Hakimi Hatiku”, ciptaan Pak Dose Hudaya menurut Doel , dibuat khusus untuk dirinya. ”Segala sesuatunya disesuaikan dengan karakter vokal, warna vokal dan style bernyanyi saya,” tutur Doel.

Lagu ”Arti Kehidupan” merupakan hits karya Doel yang dirilis tahun 1988 yang sejauh ini gaung dari lagu ini masih dirasakan. Lirik lagu ”Jangan Hakimi Hatiku” merupakan sebuah permohonan agar yang dihakimi adalah perilakunya, bukan hatinya.

Beberapa musisi dan pengamat musik di Bandung meyakini lagu ”Jangan Hakimi Hatiku” yang dinyanyikan Doel Sumbang menjadi obat rindu ”fans” Doel Sumbang yang sudah lama merasa kehilangan dan merindukan kehadiran kembali sang idolanya di kancah musik pop . (B-003) ***