DP Kredit 0% Mulai Maret 2021, Bagaimana Tanggapan Dealer?

155

Tepatnya mulai Maret 2021, Bank Indonesia (BI) memberikan relaksasi untuk kredit kendaraan bermotor. Relaksasi yang diberikan berupa kredit mobil maupun motor yang bisa menggunakan skema DP (Down Payment) 0%.

Di segmen kendaraan non premium yang mayoritas konsumennya menggunakan fasilitas kredit, program DP nol persen ini tentu sangat berguna.

Kebijakan ini disambut baik oleh sejumlah masyarakat khususnya yang ingin membeli mobil dan langkah ini sekaligus menjadi bukti nyata pemerintah, untuk bisa mendongkrak kembali penjualan di sektor otomotif.

Meski demikian sejumlah dealer mobil rupanya belum ingin menerapkan kebijakan tersebut. Soalnya kebijakan ini dinilai membutuhkan ketetapan lebih lanjut dari tiap perusahaan mengenai kredit dengan DP nol persen.

Seperti yang disampaikan Junior Operasional Manager Honda Bandung Center Kevin Hartono mengatakan belum mengetahui secara detail mengenai kebijakan baru soal DP nol persen.

Dirinya menuturkan, informasi mengenai kredit DP nol persen sendiri masih simpang siur dan belum ditetapkan oleh masing-masing pihak dari leasing, dealer hingga Honda sendiri.

Kebijakan mengenai DP nol persen ini masih dalam tahap pembahasan dan belum merinci lebih jelas. Sangat Dikhawatirkan konsumen akan salah paham mengenai kebijakan dari Bank Indonesia tersebut.

Jika memang kebijakan kredit DP nol persen itu diberlakukan, tentu saja hal itu akan membawa dampak positif bagi penjualan mobil yang bisa meningkat, apalagi ditengah pandemi Covid-19 ini. (E-002)***

Baca Juga :   Kejaksaan Alokasikan Formasi CPNS Untuk Disabilitas