DPRD Jabar Kritisi Minimnya Anggaran Logistik Bencana

13

BISNIS BANDUNG – Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Achmad Ru’yat mengkritisi, minimnya anggaran logistik Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Dinas Sosial dalam penanganan bencana.

Ia meminta anggaran tersebut dapat ditingkatkan sebagai antisipasi saat terjadi bencana, sehingga bantuan dapat segera terdistribusikan.

 “Saya dalam beberapa rapat dengan Dinas, bahkan bersama Gubernur dan wagub sudah meminta agar anggaran logistik bencana ditingkatkan karena untuk kebutuhan masyarakat korban bencana,” ucap Achmad Ru’yat usai memantau langsung lokasi bencana banjir bandang di Kabupaten Bogor, awal Januari ini.

Ia memastikan bantuan logistik bagi masyarakat tersalurkan dengan baik, walaupun aksesnya sulit.

“Memang aksesnya yang masih susah, namun bantuan sudah mulai diterima masyarakat. Hal ini juga karena sinergitas dengan seluruh instansi termasuk TNI dan Polri,” katanya.

Baca juga: Anggaran Logistik Kebencanaan di Jabar Naik 4 Kali Lipat

Dalam kesempatan tersebut pihaknya juga bertemu dan memberikan bantuan secara langsung kepada korban banjir. “Kami bertemu langsung dengan para pengingsi, untuk bantuan dari Pemprov Jabar sudah dipriritaskan,” ujarnya.

Selain bantuan dari Pemdaprov Jabar, Achmad menyatakan bantuan pun banyak berdatangan dari relawan. “Relawan juga ada, saat ini yang dibutuhkan untuk membantu pengungsi, yakni makanan, pakaian, selimut dan obat obatan,” tuturnya. (B-002)***