DWP Disnakertrans Kenalkan Dunia Kerja Bagi Penderitra ODHA

21

BISNIS BANDUNG – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Disnakertrans Jabar  sedang menyiapkan Program Ramah (Rumah Asuh bagi penderita AIDS)  untuk penderita Orang Dengan HIV (ODHA) yang sudah memasuki usia kerja.

“Seperti haknya “V” usianya kini 16 tahun. Di usia 18 nanti memasuki dunia kerja. Kita kenalkan dunia kerja, agar mereka lebih mengenal dunia kerja seperti apa,” kata Ketua DPW Disnakertrans Jabar, Wienda Winstar  di kantor Disnaker Jabar, Jum’at (27/12/2019).

Wienda menjelaskan, program ini muncul setelah ada acara KPAP (Komisi Penanggulangan AIDS  Provinsi) Jawa Barat yang mengundang dan melibatkan disnakertrans. KPAP waktu itu mengimbau bahwa ada ODHA yang termasuk usia kerja dan menyambutnya.kemudian   DWP memprogramkan memberi pengasuhan kepada mereka,” katanya.

Ia berbicara  pada peringatan HUT Dharma Wanita Persatuan (DWP) ke-20 sekaligus membangun kemitraan strategis antara DWP unit Disnakertrans Jabar dengan Disnakertrans Jabar & Stakeholder Ketenagakerjaan baik dari unsur pemerintah ataupun non-pemerintah guna  mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin  melalui inovasi serta  kolaborasi.

Untuk tahap awal akan mengasuh sekitar 30 orang. Tidak semua ODHA diterima, namun mereka yang masuk dalam kategori angkatan kerja. “Kita batasi dulu. Kalau sudah bagus progressnya, baru kita tambah,”ujarnya.

Program Ramah ini akan lebih mengarah kepada usaha mandiri, sesuai dengan perkembangan zaman. Saat ini,  dunia usaha sedang bergerak ke arah online, sehingga memungkinkan untuk menumbuhkan usaha. “Sekarang tak perlu ketemu, namun usaha bisa dilakukan secara online,” katanya.

Hadir pada acara tersebut, Pj Sekda Jabar Daud Achmad, Kadisnakertrans Jabar M Ade Afriandi, Ketua DWP Jabar Miraseti Daud Achmad dan Ketua DWP Disnakertrans Jabar Wiendha Ade Afriandi.

Pj. Sekda Jabar Daud Achmad mengatakan DWP merupakan  mitra strategis pemerintah dalam suksesnya pembangunan nasional, karena peran seorang istri bagi ASN sangat strategis.
Ia   menyatakan Program Rumah Asah & Asuh (RAMAH) & UMKM yang sedang digarap DWP Disnakertrans Jabar  bisa  diintegrasikan dengan masing-masing OPD terkait di Jawa Barat.

Pada kesempatan tersebut digelar testimoni penderita ODHA, “V” yang telah bertahan selama 16 tahun. “V” adalah remaja 16 tahun yang terkena HIV sejak usia 3 bulan. Ayah dan ibunya meninggal dan dibesarkan oleh neneknya. Virgi, demikian nama anak itu  memberikan testimoninya dan menyatakan ia tak akan mengenal menyerah untuk tetap terus bekerja. “Saya ingin menjadi pemain sepak bola dan menjadi ahli IT,” katanya. (B-002)***